Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting tampil dominan dan meraih kemenangan dalam laga pertama fase grup Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Porte De La Chapelle Arena, Prancis, Minggu.

Ginting menang atas wakil Amerika Serikat Howard Shu melalui dua gim langsung, 21-14, 21-8 dalam tempo 34 menit.

Pada gim pertama, kedua pemain terlihat masih saling meraba tipe permainan masing-masing, mengingat ini merupakan pertemuan pertama bagi Ginting dan Shu.

Dalam situasi tersebut, perebutan angka yang ketat sempat mewarnai awal gim pertama, sebelum Shu unggul 6-3 atas Ginting.

Wakil Indonesia terus mencoba memberikan tekanan hingga akhirnya papan skor menunjukkan angka 8-8 dan Ginting merebut interval gim pertama 11-8.

Baca juga: Pelatih berharap Jonatan dan Ginting main tenang dalam Olimpiade Paris

Selepas turun minum, Ginting tidak memberikan kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan serangan dan ia terus memegang ritme permainan dengan rapat.

Tunggal putra peringkat sembilan dunia itu pun mempertahankan keunggulan tersebut sampai ia membungkus gim pertama dengan kemenangan 21-14.

Berbekal kepercayaan diri dari penampilan gim pertama, Ginting tampil dengan lebih berani di gim kedua.

Meskipun ia sempat tertinggal pada awal gim kedua, finalis All England Open 2024 itu tidak lengah dan menurunkan fokusnya untuk kembali memegang kontrol permainan dengan kuat. Interval gim kedua pun Ginting raih dengan skor 11-6.

Variasi serangan dan pertahanan solid Ginting membuatnya terus melaju cepat. Antisipasi yang kurang baik dari Shu membuat Ginting menghasilkan 9 angka beruntun dan unggul 18-6.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym/am.
Baca juga: Sektor tunggal putra Indonesia matangkan strategi di Chambly

Tak membutuhkan waktu lama bagi Ginting untuk menuntaskan gim kedua, yang kemudian berakhir dengan skor 21-8.

Dengan ini, maka Ginting memimpin klasemen Grup H dan peluang untuk lolos ke babak utama Olimpiade Paris 2024 semakin terbuka.

Ia akan bersiap untuk bertemu dengan wakil tuan rumah Toma Junior Popov pada laga fase grup selanjutnya.

Di sisi lain, terdapat tiga wakil Indonesia lainnya yang berlaga pada hari kedua Olimpaide Paris 2024 untuk cabang olahraga bulu tangkis.

Sebelumnya, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah dari unggulan pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dengan skor 12-21, 22-24.

Lebih lanjut, ada ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang kalah telak dari unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) melalui dua gim langsung, 10-21, 3-21.

Sementara dari tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi wakil Ukraina Polina Buhrova.

Baca juga: Pelatih: Jojo dan Anthony Ginting masih beban mental menuju Olimpiade
Baca juga: Persiapan Olimpiade Paris, Anthony Ginting: Tidak mau berpikir jauh


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024