Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Ombudsman Republik Indonesia Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan apresiasi kepada berbagai kelompok masyarakat yang menyampaikan dukungan kepadanya yang lolos seleksi administrasi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI periode 2024–2029.

"Terima kasih atas dukungan masyarakat yang disampaikan baik secara langsung maupun secara tertulis. Saya menghargai dukungan dan kepercayaan yang diberikan, doakan proses ini dapat berjalan dengan lancar," kata Suganda dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sebelum mendaftar seleksi Capim KPK, Suganda mengaku banyak berdiskusi dengan sejumlah pihak yang peduli terhadap gerakan antikorupsi. Dari diskusi-diskusi dan dukungan banyak pihak itulah akhirnya dirinya mantap mengikuti seleksi Capim KPK.

Suganda berharap dapat memberikan kontribusi aktif dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi dengan fokus yang digagas, di antaranya tentang penguatan koordinasi dan supervisi.

Salah satu dukungan kepada Suganda datang dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan setulusnya merekomendasi dan mendukung Bapak Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu untuk ikut seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Kami mengenalnya sebagai pribadi yang visible, berani, jujur, dan berintegritas," seperti yang dikutip dari surat dengan nomor 074/PWNU-Babel/VII/2024.

Selain itu, datang pula surat dari Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Bangka yang menyatakan hal serupa.

Kemudian surat dukungan juga datang dari Lembaga Bantuan dan Pengembangan Hukum Kosgoro, Sekolah Tinggi Teologi Periago Jakarta, Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Bangka Belitung, Yayasan Pelayanan Pelita Kasih Nusantara Jakarta.

Berikut rincian surat dukungan yang dilayangkan kepada Suganda, Lembaga Bantuan Hukum Kosgoro, Pemuda Batak Bersatu DPD Babel, KNPI Bangka Barat, Pemuda Pancasila Babel, Gamki Babel, KNPI Kota Pangkalpinang, Yayasan Pelita Kasih Nusantara Sekolah Tinggi Teologi Periago, HNSI Bangka, YPPKN Jakarta, Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Babel, Pengurus The Babel Manis Babel,

Kemudian STAK Diaspora Jakarta, Laskar Merah Putih Babel, Lembaga Aliniasi Indonesia Palembang, Firma Hukum, Badan Anti Narkoba Nusantara, FBI Babel, Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Palembang, ISSITA PWNU Babel, Yayasan Sekolah Tinggi Teologi Periago Pekanbaru, PGLII DKI Jakarta, FPTI Babel, FKAG Banyu Asin, dan Fans Babel.

Baca juga: Sekjen Ombudsman lolos seleksi tahap administrasi calon pimpinan KPK
Baca juga: Pansel umumkan 236 orang lulus seleksi administrasi capim KPK

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024