Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan judo asal Jepang Uta Abe tersingkir sejak awal Olimpiade Paris 2024, pada putaran kedua kelas 52 kilogram putri, Minggu.

Abe memenangi medali emas Olimpiade Tokyo tiga tahun silam di hari yang sama dengan ketika kakak kandungnya Hifumi Abe memenangi kelas under 66 kilogram putra. Namun kali ini ia dikalahkan judoka Uzbekistan Diyora Keldiyorova.

Abe merupakan juara dunia empat kali dan merupakan salah satu judoka favorit untuk memenangi medali emas di Champ de Mars Arena. Namun ia harus meninggalkan arena tarung dengan berlinang air mata setelah kalah ippon dari sang lawan.

Hifumi Abe akan menghadapi judoka Hungaria Bence Pongracz di putaran kedua pada Minggu malam. Judoka Jepang lainnya, Natsumi Tsunoda, memenangi medali emas untuk kelas 48 kilogram putri pada Sabtu, setelah menaklukkan Baasankhuu Bavuudorj asal Mongolia di final.

Sementara itu di hari yang sama, langkah judoka Indonesia Maryam March Maharani terhenti pada putaran 16 besar kelas under 52 kilogram putri. Judoka yang akrab disapa Rani itu dikalahkan Distria Kasniqi, setelah lawannya tersebut mendapatkan ippon.

Kasniqi merupakan pemenang medali emas Olimpiade Tokyo 2020, tetapi saat itu ia bertanding di kelas 48 kilogram putri.

Pada putaran sebelumnya, Rani berhasil mengalahkan wakil Mozambik Jacira Ferreira, dengan kemenangan ippon.

Baca juga: Langkah Maryam Maharani terhenti di 16 besar oleh peringkat dua dunia
Baca juga: Pejudo Irak positif doping jadi kasus pertama di Olimpiade Paris


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024