Tujuan digelarnya event pariwisata tahunan ini untuk menarik minat wisatawan terutama melalui Pasar Terapung Lok Baintan yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata
Banjar, Kalsel (ANTARA) - Ratusan peserta yang menggunakan "jukung" atau perahu kecil tanpa mesin dan dihiasi berbagai aksesoris mengikuti "Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024" di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi membuka event tahunan yang diselenggarakan di sepanjang alur Sungai Martapura di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Ahad.

Baca juga: Festival layang-layang hiasi langit Kota Mataram

"Tujuan digelarnya event pariwisata tahunan ini untuk menarik minat wisatawan terutama melalui Pasar Terapung Lok Baintan yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata," ujar Said.

Dijelaskan Said, melalui festival pasar terapung itu juga diharapkan perekonomian terutama ekonomi kreatif dan potensi lainnya semakin berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Diharapkan pula, melalui festival yang disemarakan berbagai lomba itu, mampu menjaga tradisi budaya sebagai warisan khazanah turun temurun masyarakat daerah di Kecamatan Sungai Tabuk.

"Kami berharap, festival mendorong peningkatan kunjungan wisatawan sehingga sektor perekonomian dan kesejahteraan meningkat disamping tradisi dan budaya masyarakat tetap terpelihara," ucapnya.

Baca juga: Melestarikan tradisi menenun lewat Festival Begawe Jelo Nyesek

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar Irwan Jaya mengatakan, Festival Pasar Terapung Lok Baintan digelar dua hari pada Sabtu dan Ahad (27-28/7).

"Total jumlah peserta yang mengikuti kegiatan dari 8 kategori lomba yang dipertandingkan mencapai 500 peserta dan pesertanya lebih banyak dibanding tahun lalu karena jumlah kategori juga lebih banyak," ujarnya.

Disebutkan, kategori lomba seperti lomba balap jukung, baturai pantun, formasi jukung, jukung hias tradisional, kuliner tradisional Banjar, seni dan budaya, fotografi on the spot hingga lomba videografi pesona Pasar Terapung Lok Baintan.

Kegiatan selain dihadiri Wabup juga disaksikan Forkopimda Banjar, Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas, Kepala Disbudporapar Irwan Jaya, Camat Sungai Tabuk, pambakal Kecamatan Sungai Tabuk serta undangan lain.

Baca juga: Sekda sebut Festival Apangi mengenalkan wisata budaya Gorontalo

Pewarta: Imam Hanafi/yoserizal
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024