Kami juga sangat terkesan karena semua orang-orang di sini menyukainya. Ini adalah panggung yang sangat besar dengan ragam budaya serta pengunjung yang banyak
Makassar (ANTARA) - Delegasi India yang ambil bagian dalam pagelaran seni, budaya, hiburan dan investasi di Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 24-28 Juli 2024 senang bisa menampilkan keseniannya kepada dunia.

Koreografer tarian Bharatanatyam dan Kuchipudi, Chethan Gangatkar Ranganna Ranganat di Makassar, Minggu, mengatakan dirinya sangat senang bisa mempersembahkan salah satu tariannya di panggung F8 Makassar.

Baca juga: Band lokal FrontXSide serukan solidaritas kemerdekaan Palestina di F8

"Ini menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk menampilkan budaya India di seluruh dunia," ujarnya melalui penerjemahnya.

Chethan mengatakan tarian Bharatanatyam dan Kuchipudi bagi warga India adalah kebahagiaan. Dirinya sangat bersyukur dapat menyebarkan kebahagiaan itu kepada semua orang.

"Kami juga sangat terkesan karena semua orang-orang di sini menyukainya. Ini adalah panggung yang sangat besar dengan ragam budaya serta pengunjung yang banyak," katanya.

Chethan menuturkan, meski orang-orang di Makassar tidak memahami bahasanya tetapi budaya yang ditampilkan mampu mendeskripsikan sejarahnya.

Pasalnya, dengan budaya semuanya terkoneksi satu dengan lainnya dan terpenting semua senang serta bahagia menyaksikannya.

Baca juga: Kabupaten Takalar persembahkan tari appadekko di panggung F8

"Itulah mengapa budaya ini terus terkoneksi dengan siapa saja. Kami bahagia dapat menampilkan performance kami pada malam ini," katanya.

Sementara itu, Direktur Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda (SVCC) Bali, Naveen Meghwal menuturkan sudah merupakan tugasnya mempromosikan budaya India di Makassar, Bali dan umumnya di Indonesia.

"Untuk itu kami secara langsung membawa performancer dari India dan mencoba untuk berkolaborasi dengan event festival yang bersifat lokal," ujarnya.

Dengan begitu, dia berharap hubungan antara dua negara ini terus terjaga dan relasi yang baik, tentunya hubungan budaya antarkedua negara.

Baca juga: Sineas Makassar tampilkan berbagai film garapan lokal di panggung F8
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024