Jakarta (ANTARA) - Panitia Pelaksana Olimpiade Paris 2024 membatalkan latihan triatlon perdana yang mestinya berlangsung pada Minggu, karena polusi di Sungai Seine.

Setelah diselenggarakan pertemuan; yang membahas kualitas air dan sejumlah pengujian, keputusan bersama diambil untuk membatalkan orientasi bagian renang di cabang olahraga triatlon, demikian pernyataan panitia Olimpiade Paris dan World Triathlon.

Sungai Seine dinyatakan cukup bersih untuk direnangi pada sejumlah pengujian yang berlangsung mulai pertengahan Juli. Namun masih terdapat keraguan apakah airnya akan cukup layak untuk menjadi sarana kompetisi.

“Paris 2024 dan World Triathon menegaskan kembali bahwa prioritas utama adalah kesehatan para atlet. Analisa yang dilakukan kemarin di Sungai Seine memperlihatkan bahwa level kualitas air tidak menghadirkan jaminan yang layak untuk membuat ajang tersebut dapat diselenggarakan,” demikian bunyi pernyataan bersama tersebut seperti dikutip dari AFP.

Baca juga: Wali kota Paris berenang di Sungai Seine menjelang Olimpiade

Panitia penyelenggara menyalahkan hujan yang terjadi beberapa hari terakhir sebagai penyebab situasi polusi tersebut, dan menyatakan bahwa pihaknya yakin kualitas air akan membaik sebelum kompetisi triatlon dimulai pada 30 Juli.

Saat terjadi hujan deras, limbah yang tidak tertangani dapat masuk ke dalam aliran sungai.

Jika kualitas air berada di bawah standar, maka “Rencana B” yang mencakup penundaan ajang selama beberapa hari atau memindahkan renang maraton ke Vaires-sur-Marne berpeluang diterapkan.

Pada 17 Juli, Walikota Paris Anne Hidalgo bersama Ketua Panpel Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet berenang di Sungai Seine, sebagai promosi bahwa sungai tersebut layak menjadi tuan rumah Olimpiade.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024 dibuka dengan upacara bersejarah di Sungai Seine
Baca juga: Menteri Prancis tak ragu renang di Seine ditengah kontaminasi bakteri


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024