Makassar (ANTARA) - Band lokal FrontXSide yang ikut mentas di area Fusion Music Zona 4 Makassar International Eight Festival and Forum (F8) mengajak ribuan pengunjung untuk menyerukan kemerdekaan rakyat Palestina yang hingga saat ini masih dilanda perang.

Bassist FrontXSide Ganjar yang pada penampilannya di hari keempat F8 Makassar, Sabtu malam, menyerukan kemerdekaan rakyat Palestina karena dirinya bersama anggota band lainnya menganggap kemerdekaan menjadi hak dari setiap bangsa.

"Indonesia bisa merdeka karena kita bersatu. Indonesia bisa kuat karena kita bersama. Mari kita bersatu mewakili teman-teman kita di Palestina," serunya kepada para pengunjung.

Ganjar yang juga back vokal itu di sela-sela lagu yang dibawakannya mengaku jika kemerdekaan adalah hak setiap bangsa di dunia dan bukan cuma Indonesia, melainkan rakyat Palestina juga.

Grup musik veteran yang konsisten di jalur punk rock (hardcore) yang bising ini sukses membuat dua sisi panggung menjadi arena moshing atau disko ekstrem.
 

FrontXSide membuka penampilannya dengan lagu-lagu hits yang membuat fansnya, Frontxfamilia dan penonton lain menjadi agresif namun tetap solid.

Para penikmat musik keras pun mengekspresikan semangat dan energinya di tengah suara musik yang bergemuruh.

Di tengah-tengah performance-nya, band ini menyuarakan ungkapan solidaritas dan harapan untuk kemerdekaan Palestina dari aksi genosida dan pendudukan Israel.

Pesan tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah dan sorakan dukungan dari para penonton, memperlihatkan solidaritas masyarakat Makassar terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Tidak kalah menarik, Kapal Udara mengambil alih panggung dengan lagu-lagu yang banyak terinspirasi dari kehidupan sehari-hari masyarakat kota Makassar.

Dengan lirik yang mengena dan musik yang energik, mereka berhasil memukau penonton dan membuat suasana semakin meriah.

Kehadiran FrontXSide dan Kapal Udara di Makassar F8 kali ini tidak hanya menghibur para penonton, tetapi juga menunjukkan keberagaman musik di Kota Makassar.

Masing-masing dengan ciri khas dan penggemar setia, kedua band ini sukses menciptakan suasana festival yang penuh semangat dan kegembiraan.

Makassar F8 sebagai the best waterfront festival in the world kembali membuktikan diri sebagai wadah bagi talenta lokal untuk bersinar dan memperkaya industri musik Indonesia.
Baca juga: Sineas Makassar tampilkan berbagai film garapan lokal di panggung F8
Baca juga: Kemenparekraf: F8 Makassar hadirkan kekayaan dan keberagaman bangsa
Baca juga: Konjen Australia siapkan gerai informasi pariwisata di F8 Makassar

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024