Jakarta (ANTARA) -
Tim basket putra Kanada akhirnya mencatatkan kemenangan pertama mereka di Olimpiade dalam 24 tahun terakhir setelah mengalahkan Yunani dengan skor 86-79 pada laga pembuka Grup A, Sabtu (27/) malam waktu setempat.
 
RJ Barrett menjadi bintang dengan mencetak 23 poin, sementara bintang tim Oklahoma City Thunder Shai Gilgeous-Alexander menambahkan 21 poin untuk membantu Kanada menahan gempuran Yunani yang dipimpin oleh peraih MVP NBA dua kali Giannis Antetokounmpo.
 
Antetokounmpo, yang merupakan bintang klub NBA Milwaukee Bucks, mencetak total 34 poin untuk memberikan perlawanan sengit bagi Kanada sepanjang pertandingan, demikian dikutip ESPN.
 
Dillon Brooks juga tampil gemilang dengan menyumbang 14 poin untuk Kanada. Meskipun Kanada sempat unggul hingga 16 poin dan tidak pernah tertinggal, Yunani berhasil membuat pertandingan semakin menegangkan di menit-menit akhir.

Baca juga: Daftar pemain NBA yang berkompetisi di Olimpiade Paris
 
Vasilis Toilopoulos mencetak poin dengan waktu tersisa 1 menit 15 detik, membawa Yunani mendekat dengan selisih empat poin.
 
Kesalahan Kanada di penguasaan bola berikutnya memberi kesempatan pada Antetokounmpo untuk melakukan dunk, memperkecil jarak menjadi 80-78.
 
Namun, Gilgeous-Alexander berhasil mencetak tembakan tinggi yang melewati lengan Antetokounmpo dan masuk ke dalam ring dengan waktu tersisa 42,8 detik, mengembalikan keunggulan Kanada menjadi empat poin, dan memastikan kemenangan bagi timnya.
 
Pertandingan ini berlangsung keras dengan total 52 pelanggaran yang menghasilkan 64 lemparan bebas, masing-masing tim mendapatkan 32 free throw.
 
Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi tim basket putra Kanada sejak Olimpiade Sydney 2000. Kanada telah absen dalam turnamen Olimpiade sejak saat itu, namun berhasil mendapatkan tempat di Olimpiade Paris setelah meraih medali perunggu di Piala Dunia Bola Basket tahun lalu di Filipina.

Baca juga: Gobert dan Wembanyama jadi tumpuan bola basket Prancis
Baca juga: LeBron James bawa AS kalahkan Jerman dalam uji coba Olimpiade terakhir

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024