Jakarta (ANTARA) - Banyak sekali ide lomba yang menarik untuk dilakukan saat perayaan 17 Agustus di lingkungan Anda, apa saja lomba tersebut? simak ulasannya berikut ini.

Perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus tiap tahunnya selalu dirayakan dengan semarak suka cita oleh seluruh lapisan masyarakat, baik yang di kota maupun di daerah sekalipun.

Layaknya budaya tahunan, biasanya tanggal 17 Agustus atau sering disebut Agustusan ini sudah mulai terasa suasananya sejak akhir bulan Juli. Setiap daerah mulai menghias lingkungannya dengan beragam ornamen kebangsaan seperti menghias gapura, memasang umbul-umbul, mengecat tembok dan memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing

Satu hal yang selalu ada dalam perayaan ini adalah lomba. Masyarakat Indonesia mengadakan berbagai jenis lomba yang diikuti berbagai kalangan dengan beragam hadiah menarik. Hal ini ditujukan untuk menanamkan nilai kebersamaan dan mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa.

Jenis-jenis lombanya pun beragam, mulai dari panjat pinang, tarik tambang, hingga makan kerupuk tanpa menggunakan tangan.

Lalu apa saja ide lomba untuk 17 Agustusan? Berikut 10 rekomendasi selengkapnya di bawah ini:

Baca juga: Twibbon 17 Agustus beserta link dan cara pakainya

1. Gebuk bantal dangdut

Lomba ini diikuti dengan dua peserta yang duduk di atas bambu atau kayu panjang sebagai dudukannya dan biasanya dipasang di atas kolam. Peserta memukul satu sama lain menggunakan bantal hingga salah satunya terjatuh ke kolam, siapa yang mampu bertahan adalah juaranya.

2. Lomba memukul kantong air dengan mata tertutup

Dengan kondisi mata tertutup, para peserta lomba ini dituntut untuk bergerak menuju kantong air yang telah digantung lalu memukulnya hingga air itu pecah, bagi yang mampu memecahkan ia akan keluar sebagai juaranya.

3. Estafet Air

Permainan berkelompok yang menyenangkan ini melibatkan air, di mana para pemain harus siap untuk basah. Setiap kelompok terdiri dari minimal tiga orang yang berbaris memanjang ke belakang. Setiap pemain memegang wadah di atas kepala untuk menyalurkan air dari peserta paling depan ke peserta paling belakang.

Aturan mainnya adalah semua peserta harus menghadap ke depan dan tidak boleh menoleh atau memberikan arahan kepada teman di belakangnya. Setelah menerima air, peserta harus segera menyalurkannya kepada peserta berikutnya. Peserta terakhir harus memasukkan air ke dalam wadah yang telah disiapkan. Kelompok yang berhasil mengumpulkan air terbanyak akan menjadi pemenangnya.

4. Lomba tebak kata

Lomba ini terbilang simpel namun cukup menguji pesertanya, dengan menggunakan headphone atau headset yang diputarkan musik dengan volume kencang para peserta akan saling menebak kata atau kalimat yang diucapkan peserta lain. Kalimat atau kata yang ditebak sering kali meleset dari kata sebenarnya, hal ini yang membuat lomba tersebut seru dan menghibur orang yang menyaksikannya.

5. Memindahkan belut

Belut adalah hewan yang sangat licin sehingga susah diambil apalagi dipindahkan dengan tangan. Hal itu lah yang menjadi tantangan tersendiri bagi peserta lomba ini, mereka diharuskan memindahkan belut dari satu wadah ke wadah lainnya dalam waktu yang ditentukan. Peserta yang berhasil memindahkan belut paling banyak akan menjadi juaranya. Namun, tak jarang juga para peserta menjatuhkan belut dan berserakan karena tubuh belut yang sangat licin.

6. Tarik tambang sambil joget

Sama seperti lomba tarik tambang pada umumnya, namun kali ini kedua tim diharuskan sambil berjoget sambil berusaha menarik tim lawan hingga garis batas. Hal ini mengundang gelak tawa bagi para peserta dan penonton yang menyaksikan.

7. Lomba minum jamu sehat

Lomba ini dapat dilakukan dengan menggantungkan jamu pada seutas tali, lalu peserta dituntut untuk menghabiskan jamu tersebut. Siapa yang paling cepat menghabiskan jamu adalah pemenangnya.

8. Balap egrang

Permainan egrang bisa menjadi salah satu opsi dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Peserta meletakkan kakinya di atas pijakan egrang dengan ketinggian 50 cm dari atas tanah. Kemudian, mereka harus berjalan menggunakan egrang sampai menuju garis finish.

9. Futsal sarung

Pada dasarnya, lomba sarung futsal memiliki aturan yang sama dengan permainan futsal biasa. Perbedaannya adalah lomba ini mengharuskan pemain dari kedua tim untuk menggunakan sarung selama pertandingan untuk menambah tingkat kesulitan lomba.

10. Make up dengan mata tertutup

Lomba yang satu ini akan menguji keahlian Anda dalam merias seseorang, tetapi dengan keadaan mata tertutup. Cara mainnya cukup mudah. Para peserta hanya perlu merias wajah orang di depannya dengan mata tertutup. Riasan yang paling cantik dan rapi akan menjadi pemenang dalam perlombaan ini.

itulah 10 rekomendasi lomba yang bisa Anda coba dalam merayakan hari kemerdekaan atau Agustusan di daerah Anda nantinya. Menjaga tradisi lomba dalam hari kemerdekaan merupakan wadah positif untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan dengan warga sekitar lingkungan Anda.

Baca juga: Pemkot Semarang gelar lomba TPS unik tingkatkan partisipasi pemilih

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar lomba TPS unik tingkatkan partisipasi pemilih

Baca juga: Kuliner unik ikut lomba kreasi kuliner HUT LKBN Antara di Padang

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024