Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI) Jakarta menggelar turnamen bertajuk Team Show Down untuk kesiapan menuju gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di Padel Pro, Kemang, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 28 komunitas dan 218 atlet bersaing dalam seri perdana Team Show Down 2024 kali ini. Ketua Umum PBPI Jakarta, Gino Junior Korompis berharap turnamen ini nantinya akan menjadi seri yang rutin digelar setiap tahun.

"Turnamen kali ini memang turnamen pertama kami, cuma kami akan membuat seri event ini. Kami memang akan membuat event di level kecil, menengah hingga besar. Ini termasuk menengah, kemungkinan akan ada tiga event seperti ini ke depan," kata Ketua Umum PBPI Jakarta, Gino Junior Korompis.

Gino, sapaan akrabnya, juga berharap ke depannya mampu menggelar turnamen tingkat internasional bertajuk Jakarta Padel Open yang akan mendatangkan pemain-pemain internasional. Dengan digelarnya sejumlah turnamen, Gino mengatakan PBPI Jakarta semoga menjadi barometer bagi pengprov lain untuk mengembangkan padel.

"Mungkin ada satu yang bisa kita datangkan yaitu Jakarta Padle Open dengan pemain internasional datang ke sini. Karena Jakarta selalu menjadi barometer dan dilihat provinsi lain jadi mereka kini bisa melihat event ini bagaimana," ujar Gino.

Sekretaris Jenderal PBPI, Happy Kurniawan Harinto mengatakan akan mempromosikan padel di Jakarta meski terkendala dengan lapangan namun secara bertahap bisa menambah lapangan dengan memanfaatkan lahan.

"Masalah kita terbentur di tanah, pinter-pinter kita mencari celah dan tempat yang bisa didatengi orang banyak. Termasuk juga rooftop yang kemungkinan bisa dipakai akan kita pakai," ujar Happy Kurniawan Harinto.

Ketua Umum PBPI, Galih Kartasasmita mengapresiasi langkah dari PBPI Jakarta yang sukses menggelar event Team Show Down. Menurut Galih event seperti saat ini merupakan momentum untuk mencari talenta-talenta berbakat padle yang nantinya dapat dikembangkan melalui turnamen berkala.

"Lewat event seperti ini pengprov-pengprov di Indonesia bisa mencari pemain-pemain berbibit unggul. Saya harap pemprov yang lain dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh PBPI Jakarta," kata Ketua Umum PBPI, Galih Kartasasmita.

Ke depannya Galih berharap pengprov-pengprov membuat rangking-rangking dari pemain sehingga nantinya memudahkan federasi untuk membuat set data pemain saat mengadakan turnamen tingkat nasional.

Baca juga: PBPI kembangkan padel lewat pertandingan intermediate antarkomunitas
Baca juga: PBPI gelar simulasi eksibisi PON Aceh-Sumut 2024

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024