Shanghai (ANTARA) - Pameran dan Konferensi Hiburan Digital China ke-21 ChinaJoy 2024 dimulai di Shanghai New International Expo Center pada Rabu (24/7), menarik partisipasi lebih dari 600 peserta pameran dari 31 negara dan kawasan di seluruh dunia.

Sebagai bagian integral dari budaya digital China, industri game telah mencatatkan pertumbuhan yang pesat dan peningkatan pendapatan pasar yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi digital mutakhir seperti kecerdasan buatan membentuk kembali seluruh lanskap game dan semakin membuka potensi pengembangan industri ini, kata para pakar industri tersebut.

Pendapatan penjualan aktual pasar game domestik China pada paruh pertama tahun ini mencapai 147,3 miliar yuan (1 yuan = Rp2.251) atau sekitar 20,3 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp16.268), naik 2,08 persen secara tahunan (year on year/yoy). Dalam periode yang sama, jumlah pengguna game di China mencapai rekor tertinggi 674 juta, menurut laporan industri yang dirilis pada Kamis (25/7).

Bertepatan dengan digelarnya pameran game tersebut, Museum Video Game dari Asosiasi Penerbitan Audio-Video dan Digital China dibuka di Distrik Xuhui di pusat kota Shanghai, dengan luas 2.000 meter persegi.

Museum itu dilaporkan sebagai museum game terbesar di China, yang menyimpan lebih dari 5.000 item yang berhubungan dengan gim. Museum itu memungkinkan para pengunjung dapat sepenuhnya merasakan dan memahami aspek teknologi serta nilai budaya yang ada di balik game-game  tersebut.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024