Jakarta (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengapresiasi Desa Sempajaya di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang dinilai sukses mengelola dana desa.
 
Menurut pria yang akrab disapa Gus Halim itu, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Ahad, salah satu kesuksesan Desa Sempajaya dalam mengelola dana desa tampak dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terus berjalan.
 
"BUMDesnya terus berjalan dalam menjual pupuk dan obat-obatan pertanian. Ini semua patut diapresiasi," kata dia.
 
Hal tersebut disampaikan Gus Halim saat mengunjungi Desa Sempajaya pada Sabtu (27/7).

Baca juga: Mendes ingatkan desa manfaatkan MotoGP Mandalika untuk promosi wisata

Baca juga: Kemendes meriahkan perayaan HUT Ke-79 RI lewat sejumlah lomba
 
Berikutnya, ia juga mengapresiasi Desa Sempajaya yang transparan dalam mengelola dana desa, sebagaimana tampak dari baliho yang dipasang di sejumlah titik.
 
"Kita sudah lihat baliho APBDes sudah terpasang di tempat yang memang dilihat oleh masyarakat. Di sini, partisipasi masyarakat juga cukup tinggi," ucapnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Gus Halim menginformasikan secara langsung kepada Kepala Desa Sempajaya Meliala Purba terkait dengan lomba literasi budaya desa yang sudah diresmikan mulai 12 Juli 2024 lalu.
 
Lomba itu, kata dia, didasarkan pada kegiatan pembangunan desa yang terus didukung oleh pemerintah dengan dana desa yang harus bertumpu pada akar budaya.
 
“Hampir setiap desa memiliki literasi budaya, lomba dibebaskan, tidak harus ada dokumen sejarahnya yang terpenting warga masyarakat mengiyakan dan nama desa selalu memiliki makna baik. Boleh dongeng, hikayat, atau apa pun, yang terpenting diamini oleh kepala desa dan salah satu tokoh masyarakat yang ada di desa," ucap Gus Halim.
 
Sementara itu, Kepala Desa Sempajaya Meliala Purba mengaku sangat senang dengan kedatangan Gus Halim ke desanya.
 
"Ini akan menambah semangat kami dalam terus meningkatkan pembangunan di desa kami," kata Meliala.
 
Diketahui pada 2023, BumDes Sempa Arih Desa Sempajaya meraih juara harapan 3 sebagai BumDes Terbaik tingkat Sumatera Utara Tahun 2023. Sementara itu, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Sempajaya pada 2024 meningkat dari tahun sebelumnya, yakni dari Rp3,1 miliar pada 2023 menjadi Rp4,6 miliar di 2024.*

Baca juga: Mendes minta pendamping tingkatkan partisipasi warga bangun desa

Baca juga: Mendes PDTT pacu optimalisasi percepatan pembangunan desa

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024