Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi diberitakan oleh Kantor Berita ANTARA selama sepekan. Mulai dari aliran modal asing masuk bersih di pasar keuangan domestik hingga digitalisasi asuransi.

Berikut selengkapnya:

1. BI: Modal asing masuk bersih di Indonesia capai Rp690 miliar​​​​​​​
Bank Indonesia (BI) mengatakan, aliran modal asing masuk bersih di pasar keuangan domestik mencapai Rp690 miliar dalam periode 15-18 Juli 2024.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, di Jakarta, Sabtu, nilai tersebut terdiri dari modal asing masuk bersih di pasar saham Rp670 miliar dan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) Rp400 miliar, sedangkan modal asing keluar bersih di pasar Surat Berharga Negara (SBN) Rp380 miliar.

2. Kemenkeu buka suara soal rencana kenaikan gaji PNS

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara soal rencana kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) pada 2025.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menjelaskan penyesuaian gaji aparatur sipil negara (ASN) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 bisa dalam berbagai bentuk.

3. Airlangga sebut Jakarta lolos "middle income trap"

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Jakarta telah lolos dari middle income trap atau jebakan negara berpendapatan menengah.

"Jakarta ini suda lolos middle income trap, Jakarta pendapatan per kapitanya 21 ribu (dolar AS)," kata Airlangga dalam Tatap Muka – Orasi Ilmiah BJ Habibie Memorial Lecture: Peran Iptek dan Inovasi menuju Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Selasa.

4. Menparekraf: Sound healing di desa wisata dukung pengobatan alternatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berencana menghadirkan sound healing sebagai metode pengobatan (wellness) alternatif yang menggunakan alat musik tradisional atau instrumental untuk kesehatan jiwa di desa wisata yang ada di Indonesia.

Menparekraf mengungkapkan, berdasarkan data WHO 2019 ada 970 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan gangguan mental, kecemasan, dan depresi sehingga perilaku ini mengganggu hubungan dengan kerabat dekat dan keluarga.

5. Pemerintah siapkan digitalisasi asuransi menuju transformasi ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah tengah menyiapkan digitalisasi pada sektor asuransi guna mewujudkan transformasi ekonomi.

Menurut dia, masifnya perkembangan teknologi digital saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi sektor asuransi

Baca juga: Kemarin, potensi ekonomi hijau kelapa hingga rencana gaji PNS naik
Baca juga: Kemarin, pelantikan Wamenkeu II hingga pertumbuhan ekonomi 8 persen

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024