Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama Sabtu (27/7), di antaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta memanfaatkan botol plastik untuk menyambut Hari Sungai Nasional.

Selain itu DLH DKI Jakarta membangun pulau sampah di Kepulauan Seribu pada 2027.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
1. DKI ingin perkuat sinergi dengan Pemerintah Metropolitan Seoul
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin memperkuat sinergi dan kerja sama dengan mitra strategis termasuk dengan Pemerintah Metropolitan Seoul khususnya di bidang pariwisata dalam rangka menyongsong status menjadi kota global.
 
"Dalam waktu dekat, Jakarta menghadapi tantangan baru untuk menjadi kota global. Kami ingin memperkuat sinergi dan bekerja sama dengan mitra strategis kami termasuk Pemerintah Metropolitan Seoul," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikan pada peringatan hubungan kerja sama antara kota Jakarta dengan kota Seoul, Korea Selatan sebagai kota kembar (sister city) yang telah berusia 40 tahun.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. Kadin DKI bagikan santunan ke anak yatim piatu bentuk peduli sesama
 
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta membagikan santunan kepada 111 anak yatim piatu sebagai bentuk kepedulian sesama yang membutuhkan.
 
"Ini sebagai bentuk kepedulian para pengusaha bukan hanya kepada anak yatim, tetapi dengan teman-teman yang membutuhkan," kata Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi di Masjid Arief Rahman Hakim Universitas Indonesia Salemba di Jakarta, Sabtu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta membagikan santunan kepada anak yatim piatu di Masjid Arief Rahman Hakim Universitas Indonesia Salemba, Jakarta, Sabtu (27/7/2024). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
3. DLH DKI bangun pulau sampah di Kepulauan Seribu pada 2027
 
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membangun pulau sampah di Kepulauan Seribu pada 2027 sebagai upaya pengelolaan sampah serta solusi keterbatasan lahan.
 
"Kalau kita bicara pulau sampah, jangan membayangkan pulau tersebut dibangun dari tumpukan sampah ataupun digunakan sebagai TPA di Bantargebang, itu tidak," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. DLH DKI manfaatkan botol plastik jadi perahu untuk sambut Hari Sungai
 
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memanfaatkan botol plastik menjadi 32 perahu untuk menyambut Hari Sungai Nasional melalui Festival Cinta Lingkungan (Cilung) 2024.
 
"Ini merupakan festival pertama kali yang diikuti oleh 32 perahu yang semuanya terbuat dari sampah plastik, terutama botol kemasan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. DLH DKI tambah dua mobil kabut air untuk tekan polusi udara
 
Dinas Lingkungan Hidup DKI menambah dua mobil kabut air (watermist) sebagai salah satu upaya untuk menekan polusi udara di Jakarta.
 
"Rencananya ada dua unit mobil 'watermist' pada 2024," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024