Jakarta (ANTARA) - Tim estafet putri Australia berenang dalam waktu tercepat kedua dalam sejarah untuk merebut medali emas 4x100m gaya bebas putri, yang membuat Emma McKeon memperoleh total enam medali emas sepanjang mengikuti Olimpiade dan Paris merupakan Olimpiade terakhirnya.

Tim Australia terdiri dari Mollie O'Callaghan, Shayna Jack, McKeon, dan Meg Harris.

Dengan catatan waktu 3 menit 28,92 detik, Australia terlalu tangguh untuk Amerika Serikat yang finis urutan kedua dengan 3 menit 30,20 detik dan China yang memperoleh perunggu dengan 3 menit 30,30 detik.

McKeon, yang merupakan bintang Olimpiade Tokyo dan berada di Paris untuk Olimpiade terakhirnya, memenangkan medali emas keenam dan total medali ke-12 dalam Olimpiade.

"Wah. Saya tidak mengikuti hal-hal seperti itu, sungguh sebuah kehormatan," katanya kepada media Australia seperti dikutip AFP pada Minggu. "Semua orang ingin menjadi bagian dari tim ini. Saya merasa sangat tersanjung menjadi bagian darinya."

Ini medali emas Olimpiade keempat berturut-turut yang diraih Australia dalam cabang renang. Mereka merengkuh catatan waktu tercepat kedua di dunia setelah rekor dunia yang juga mereka ciptakan tahun lalu pada 3 menit 27,96 detik.

Mereka telah memegang rekor dunia sejak 2014 dan sudah empat kali bolak balik memecahkannya.

Australia mendapatkan dua medali emas dan dua medali perak dari cabang renang. Mereka kini memimpin klasemen medali Olimpiade Paris 2024 dengan 3 emas dan 2 perak. Emas lainnya mereka peroleh dari balap sepeda tim trial putri atas nama Grace Brown.



Baca juga: Lukas Maertens sabet medali emas 400m gaya bebas putra
Baca juga: Titmus pertahankan medali emas 400m gaya bebas putri
Baca juga: Rio Waida lanjutkan perjuangan ke babak eliminasi Olimpiade Paris

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024