Hal paling penting dari kegiatan pameran ini adalah transaksinya. Jadi, jangan sekadar dikunjungi.
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menggelar pameran produk lokal hasil dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menyemarakkan festival budaya internasional bertajuk East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) 2024.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kaltim HM Syirajudin, di Samarinda, Sabtu, menjelaskan Kaltim Expo ini dimaksudkan untuk membangkitkan transaksi jual beli produk UMKM lokal, sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Hal paling penting dari kegiatan pameran ini adalah transaksinya. Jadi, jangan sekadar dikunjungi," kata Syirajudin saat membuka Kaltim Expo 2024, di Gelora Kadrie Oening Samarinda.

Ia mengatakan pameran produk lokal ini diharapkan bisa terjadi perputaran keuangan maupun ekonomi. oleh karena itu semua perangkat daerah maupun kabupaten dan kota harus menawarkan produk unggulan.

Melalui festival budaya internasional itu, kata Syirajudin, Pemprov Kaltim juga mendorong pertumbuhan sektor wisata di daerah agar lebih dikenal dunia.

"Untuk menyukseskan sektor wisata tidak bisa sendiri-sendiri, harus berkolaborasi. Ini yang terus dibangun. Berkolaborasi, tidak bekerja sendiri-sendiri," katanya lagi.

Pemprov Kaltim juga mendorong pengembangan UMKM. Terlebih banyak produknya yang tidak kalah menarik dengan provinsi lain.

"Ke depan pelaku usaha kita dorong untuk meningkatkan kemasan dan pemasarannya," ujarnya pula.

Ia mengungkapkan gelaran Kaltim Expo bersamaan dengan event internasional, yaitu EBIFF 2024 dipusatkan di Gelora Kadrie Oening dan Eks Bandara Temindung Samarinda.

Ada enam negara yang hadir, yakni Amerika Serikat, Bulgaria, Polandia, Jepang, Korea Selatan, dan Mesir.

"Kami harap mereka bisa mengunjungi Kaltim Expo, sehingga bisa mengenal produk kita," katanya lagi.

Kepala DPMPTSP Kaltim Fahmi Prima Laksana menjelaskan Kaltim Expo dimulai sejak 26 hingga 30 Juli 2024.

"Ada 117 stan. Ada berbagai kegiatan seperti lomba hingga parade dan fashion show dengan tujuan mengenalkan potensi Kaltim," ujar dia.
Baca juga: Expo Bulan Bhakti Peternakan di Kaltim pamerkan satwa langka
Baca juga: Disbun Kaltim pamerkan sawit dan kakao di Agro and Food Expo 2024

Pewarta: Arumanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024