Festival ini dapat menjadi daya tarik wisata yang mengangkat perekonomian lokal
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome mengatakan Festival Apangi di Desa Pangadaa, Kecamatan Dungaliyo dapat mengenalkan wisata dan budaya Gorontalo kepada masyarakat luas.

"Festival ini dapat menjadi daya tarik wisata yang mengangkat perekonomian lokal," ucap Haris Tome pada Festival Apangi tersebut.

Ia mengatakan, Festival Apangi merupakan rangkaian perayaan tahun baru Hijriah yang memiliki nilai sejarah dan spiritual yang mendalam bagi umat Islam di daerah itu.

"Festival Apangi dengan segala filosofi dan nilai luhur di dalamnya, harus kita jaga dan wariskan kepada generasi mendatang," ajak Haris.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan wujud nyata dari semangat melestarikan tradisi leluhur sekaligus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Apangi kata Sekda merupakan makanan tradisional khas Gorontalo.

Melalui kegiatan itu, Sekda ingin meningkatkan persatuan antara masyarakat, meningkatkan pemahaman, nilai-nilai Islam dalam kehidupan dan refleksi untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Mari kita melestarikan dan mengembangkan tradisi budaya lokal sebagai bagian dari kekayaan budaya nasional," kata Sekda.

Haris berharap, dengan adanya Festival Apangi maka dapat memberdayakan potensi pemuda dalam kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Festival ini membuktikan bahwa pemuda kita mampu berkarya dan berkontribusi nyata dalam pembangunan desa," kata dia.

Baca juga: BPOM pastikan keamanan pangan di Festival Apangi Gorontalo
Baca juga: Warga Dembe sambut 10 Muharram dengan Festival Apangi
Baca juga: Festival Apangi, wisata religi Gorontalo bertabur doa sambut Muharram

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024