Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak empat atlet panjat tebing andalan Indonesia, telah terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, menuju Paris, Prancis, pada Sabtu, guna mengikuti Olimpiade Paris 2024.
 
Dalam keterangan tertulis Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang diterima ANTARA di Jakarta, keempat atlet tersebut yaitu Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono di kategori putra, serta Rajiah Salsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi di kategori putri.
 
"Keempat atlet kami telah menjalani persiapan yang sangat matang. Mereka telah menyelesaikan berbagai program latihan untuk memaksimalkan kemampuan teknis dan fisik mereka," kata pelatih tim panjat tebing Indonesia, Hendra Basir.
 
Ia membeberkan, keberangkatan keempat atlet panjat tebing Indonesia tersebut menandai momen bersejarah.


Baca juga: Panjat tebing jalani empat sesi latihan di Paris jelang Olimpiade
 
Hal itu dikarenakan, untuk kali pertama cabang olahraga panjat tebing nomor speed dipertandingkan di Olimpiade dan Indonesia langsung mengisi empat kuota penuh untuk olahraga itu.
 
Para atlet optimistis bisa membawa pulang medali emas dari Olimpiade tahun ini.
 
Salah seorang atlet yang berangkat, Rahmad Adi Mulyono mengatakan semua persiapan telah dilakukan dengan maksimal, sehingga dirinya berharap mendapatkan hasil yang diinginkan.
 
"Rasa senang dan kebanggaan yang saya rasakan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Kami telah berlatih dengan keras dan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, sehingga saya sangat optimistis bahwa kami akan dapat meraih medali emas untuk Indonesia," ujar Rahmad.
 
Keyakinan yang sama diungkap atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi.
 
Perempuan itu merupakan atlet panjat tebing pertama yang lolos ke Olimpiade 2024.
 
"Saya merasa sedikit gugup tetapi sangat bersemangat untuk segera memulai kompetisi di Paris. Persiapan yang kami lakukan sudah sangat matang dan saya berharap akan meraih emas untuk Indonesia," kata Desak Made.
 
Keempat atlet panjat tebing Indonesia memulai laga di ajang olahraga multi event itu pada 4-10 Agustus mendatang.

Baca juga: Jadwal panjat tebing di Olimpiade Paris 2024

Baca juga: Jadwal panjat tebing di Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024