Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur meminta agar wisudawan aktif membangun jaringan internasional yang luas dan berkontribusi pada pembangunan global di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan Dubes Al Busyra saat menjadi tamu kehormatan dan menyampaikan pidato di hadapan 5.000 wisudawan di kampus Universitas Harambee di Kota Adama, Ethopia pada Sabtu (27/7).

“Jaringan internasional sangat penting untuk membantu meningkatkan karir, apapun profesi anda, karena hampir semua profesi membutuhkan konektivitas global yang luas,” kata Dubes Al Busyra dalam siaran pers KBRI Addis Ababa di Jakarta, Sabtu.

Al Busyra juga memaparkan berbagai perkembangan terkini terkait diplomasi Indonesia-Ethiopia, selain mendorong generasi muda Ethiopia, khususnya wisudawan, agar berperan lebih aktif dalam meningkatkan hubungan dan kerja sama kedua negara.

Dalam lima tahun terakhir KBRI Addis Ababa terus mendorong kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia dan Ethiopia dan saat ini terdapat 34 naskah kerja sama yang telah ditandatangani perguruan tinggi kedua negara.

Dubes menambahkan bahwa pada 3-8 Agustus mendatang delegasi Indonesia yang dipimpin Kementerian Agama RI, yang terdiri atas lima perwakilan dari lima perguruan tinggi Indonesia, akan berkunjung ke Ethiopia.

“Pada saat kunjungan di Ethiopia akan ditandatangani sejumlah naskah kerja sama baru antar perguruan tinggi Indonesia dan Ethiopia,” katanya.

Menurut Dubes, tamat kuliah di perguruan tinggi bukanlah akhir dari masa belajar, melainkan kegiatan belajar harus ditingkatkan sebab belajar di kampus dalam waktu terbatas sangat berbeda dengan belajar di luar kampus yang penuh tantangan dan rentang waktu yang sangat panjang.

Universitas Harambee adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di Ethiopia yang kampusnya tersebar di berbagai kota. Universitas tersebut telah menandatangani delapan naskah kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia, seperti dikutip.

Baca juga: Dubes Al Busyra dan pemuda Ethiopia luncurkan buku tentang Indonesia
Baca juga: Pemuda Ethiopia ikuti pelatihan menulis KBRI Addis Ababa
Baca juga: KBRI Addis Ababa, Uni Harambee luncurkan buku pariwisata dan media




 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024