Kegiatan ini sebagai rangkaian dari Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang jatuh pada 26 Juli, juga dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 18 Agustus 2024
Makassar (ANTARA) - Ketua Panitia Makassar Islamic Fair (MIF) 2024 Prof Mustari Busrah yang juga Wakil Ketua Umum MUI Sulsel mengatakan, MUI dan Muhammadiyah Sulsel siap menggelar Makassar Islamic Fair 2024 dengan melibatkan sekitar 180 pelaku UMKM.

“Kegiatan ini sebagai rangkaian dari Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang jatuh pada 26 Juli, juga dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 18 Agustus 2024,” kata Mustari di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, kegiatan MIF yang akan digelar 31 Juli – 26 Agustus 2024 di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) ini berbeda dengan kegiatan lainnya. Selain karena durasi waktunya sangat panjang, juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran produk UMKM, talk show, workshop, dan sebagainya.

Pada kegiatan yang digagas pihak MUI dan Muhammadiyah Sulsel ini, akan menghadirkan sedikitnya tujuh tokoh dan publik figur nasional diantaranya Hafizah Angelina Sondakh yang juga sudah menjadi Muballighah, pasangan artis yang sudah berdakwah Dimas Seto dan Dini Aminarti, Inara Rusli dan “Pesulap Merah”.

“Selain itu, Menteri Perdagangan juga sudah memberikan konfirmasi akan hadir di MIF 2024 di CPI pada 10 Agustus 2024, sekaligus memberikan bantuan pada UMKM,” katanya.

Karena itu, para pelaku UMKM di Kota Makassar dan sekitarnya diminta memanfaatkan momen berharga ini dengan mengisi 180 stand pameran yang sudah disiapkan panitia.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi dari Universitas Hasanuddin Prof Muhammad Asdar memberikan apresiasi gagasan MUI dan Muhammadiyah Sulsel yang berkolaborasi mendorong penguatan ekonomi umat.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena disadari dari sejumlah umat Islam terbanyak, namun dari sisi ekonomi masih banyak tertinggal. Karena itu, MIF 2024 memberi ruang pada pelaku UMKM untuk dapat berkiprah dan mencari mitra,” katanya.

Baca juga: Transaksi di Pekan Ekonomi Syariah Makassar 2024 mencapai Rp4 miliar
Baca juga: Makassar siap jadi pemain ekonomi global usai peresmian MNP


Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024