Kompetisi ini sebagai upaya Taman Safari Indonesia dalam mengedukasi sekaligus menanamkan kepedulian kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam melindungi satwa serta habitatnya
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Taman Safari Indonesia menggelar road show terakhir kompetisi foto dan video satwa International Animal Photo and Video Competition (IAPVC) 2024 di Taman Safari Bogor, Jawa Barat, Sabtu, setelah Prigen dan Solo.

Marcom Manager TSI Bogor Danang Wibowo di Cisarua, Bogor, mengungkapkan IAPVC ke-33 yang berlangsung sejak 8 Juni - 25 Agustus 2024, bagian dari komitmen Taman Safari Indonesia dalam rekreasi, edukasi dan konservasi

Menurut dia, sebagai lembaga yang berdedikasi pada pelestarian satwa liar dan pendidikan publik, Taman Safari Indonesia terus berusaha untuk menumbuhkan apresiasi yang lebih dalam terhadap alam melalui inisiatif seperti kompetisi ini.

"Taman Safari Indonesia memperkenalkan kategori baru yaitu fhoto enthusiast yang ditujukan bagi peserta berusia 10-18 tahun. Kategori ini bertujuan untuk mendorong partisipasi generasi muda dalam upaya konservasi, menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap satwa sejak dini," ungkap Danang.

Baca juga: Taman Safari Bogor ingatkan pengunjung UU Perlindungan Satwa
Baca juga: Taman Safari Bogor luncurkan Anniversary Cowboy Show Ke-20


Ia menjelaskan penyelenggaraan kompetisi ini sebagai upaya Taman Safari Indonesia dalam mengedukasi sekaligus menanamkan kepedulian kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam melindungi satwa serta habitatnya.

Tingkat partisipasi fotografer dan videografer di ajang IAPVC tahun lalu mencapai 5.900 peserta dan lebih dari 16.000 karya yang terdaftar. Taman Safari Indonesia menargetkan partisipasi tahun ini bisa meningkat yakni mencapai 7.000 - 8.000 peserta dan 17.000 - 20.000 karya yang didaftarkan.

Kali ini, IAPVC 2024 menghadirkan sejumlah kategori lomba di antaranya website yang terdiri atas kategori Endemic Animal untuk memamerkan keanekaragaman hayati satwa endemik Indonesia dan general untuk menampilkan berbagai jenis satwa liar dari seluruh dunia.

Kemudian ada kategori sosial media yang terbuka untuk semua kalangan, bukan hanya fotografer profesional. IAPVC 2024 juga menambah satu kategori baru yakni Photographer Enthusiast khusus peserta rentang usia anak-anak hingga remaja (10 - 18 tahun)

Penambahan kategori Photographer Enthusiast karena Taman Safari Indonesia ingin menyediakan wadah bagi peminat foto dan video dari lingkup usia muda yang dinilai sudah memiliki keahlian dalam menuangkan kreasinya lewat kompetisi foto dan video satwa.

Baca juga: Pemkab Banyumas jajaki kemungkinan membangun destinasi taman safari
Baca juga: Taman Safari Bogor kampanyekan larangan penggunaan kantong plastik


 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024