Penajam Paser Utara (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) melaporkan capaian infrastruktur pendukung pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI di IKN telah 90 persen rampung menjelang pelaksanaan kegiatan pada 17 Agustus 2024.

"Upacara di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan. Lapangan upacara itu kurang lebih sudah 90 persen rampung," kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga yang ditemui ANTARA di Menara Pandang, Jalan Sumbu Barat, IKN, Sabtu.

Danis mengatakan, lapangan upacara yang seluas 14.250 meter persegi, tepat di depan Istana Kepresidenan IKN, telah sepenuhnya rampung. Pekerjaan yang kini tersisa berupa pengaspalan jalan masuk menuju lapangan serta penataan lanskap.

Terkait dengan persiapan penginapan bagi para peserta upacara, Danis menyebut akan memanfaatkan fasilitas 12 tower Apartemen ASN, serta sebagian lainnya di kompleks Perkantoran Kementerian Koordinator (Kemenko) yang berjarak sekitar 200 meter dari lapangan upacara.

Dikatakan Danis, gedung Kemenko berlantai enam itu telah rampung sebagian, yakni lantai 1, 2, dan 3 untuk dimanfaatkan sebagai tempat penginapan peserta.

"Saya kira itu cukup untuk teman-teman petugas upacara untuk menginap sementara," katanya.

Sementara untuk fasilitas penginapan tamu VIP dan VVIP dipersiapkan Kementerian PUPR, salah satunya, di Hotel Nusantara dengan kapasitas 200 kamar.

"Setahu saya mereka tidak menginap. Tapi seandainya menginap, salah satu misalnya Hotel Nusantara, punya kapasitas sekitar hampir 200 kamar. Itu siap seandainya diperlukan," ujarnya.

Infrastruktur penting lainnya yang juga dipersiapkan berupa jalan penghubung dari Kota Balikpapan menuju ke kawasan IKN via Tol IKN.

Peserta akan melintasi dua jalur koridor 3A Tempadung sejauh 13,4 kilometer, lalu koridor 3B sepanjang 7,3 kilometer yang kini telah sampai pada tahap perampungan operasional satu sisi jalur.

Pada koridor 5A sejauh 6,7 kilometer, peserta dapat melintas di satu jalur yang telah rampung dibangun untuk masuk Jalan Nasional menuju Jembatan Pulau Balang.

Dari Pulau Balang, peserta akan melewati Bandara VVIP IKN sisi kiri menuju lapangan upacara IKN.

"Yang penting itu konektivitas dari Balikpapan menuju IKN. Kalau selama ini kan kita berputar ke arah Semboja sekitar 2,5 jam. Kalau konektivitas kita siapkan berfungsi memangkas waktu tempuh 1,5 jam lebih cepat, sehingga ada penghematan waktu," katanya.

Baca juga: PUPR pastikan infrastruktur penghubung IKN siap sambut HUT RI

Baca juga: Presiden siap resmikan Jembatan Pulau Balang dan tinjau tol IKN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024