Suatu keputusan suara hati yang benar, jika berhubungan dengan panalaran yang benar juga, dengan begitu sebuah tindakan dapat diijinkan untuk dilakukan. Inilah salah satu dogma dalam sepak bola global.
Jakarta (ANTARA News) - Laga berbalut bara dendam sebagai titisan amuk dewa Poseidon di samudera sepak bola mengharubiru El Derbi Madrileno antara Atletico Madrid kontra Real Madrid yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Vicente Calderon pada Minggu (2/3).

"Los Blancos" bukan skuad recehan, karena mereka sempat tertinggal 1-2 hingga memasuki 10 menit terakhir. Dan Cristiano Ronaldo mendapat bisikan dewa Poseidon dalam mitologi Yunani, bahwa kemenangan diraih oleh hati yang berani, bukan hati yang serba bimbang, apalagi hati yang suka mengiba-iba kepada elite penguasa.

Ingin meraih kemenangan, berusahalah sekuat tenaga dengan seluruh akal budi dengan nurani bening. Ingin meraih kejayaan, berteguhlah dalam tekad sarat komitmen, bukan pribadi yang seturut angin berhembus, bukan pribadi yang suka cari untung tanpa ingin berkurban. Ini yang ditunjukkan oleh pasukan asuhan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.

Tendangan keras menghunjam dari pemain bintang asal Portugal itu merobek jala Atletico Madrid yang dijaga oleh penjaga gawang Thibaut Courtois. Gol! Skor 2-2.

Madrid kini bertengger di puncak klasemen La Liga dengan mengemas 64 poin, unggul satu poin saja dari Barcelona. Sungguh, perjuangan tak kenal batas, karena sepak bola mengajarkan kepada dunia bahwa aliran hidup dari waktu ke waktu bagaikan aliran bola dari kaki ke kaki para pemain.

Ini artinya, duel perebutan gelar Primera Division La Liga musim kompetisi 2013/14 dipastikan berlangsung sengit saling sikut antar skuad.

Lain La Liga, lain pula Premier League. Pekan ini, Manchester City mampu meraih Piala Liga. Ini trofi pertama bagi pelatih "The Citizens" Manuel Pellegrini setelah timnya mengalahkan Sunderland 3-1 di Stadion Wembley pada Minggu (2/3).

Di ajang Serie A, pecinta sepak bola Italia terhenyak ketika Carlos Tevez mencetak gol spektakuler dengan melepaskan tembakan melesat keras dari jarak sekitar 25 meter, yang mengoyak gawang AC Milan. Juventus meraih kemenangan 2-0 dalam laga lanjutan Serie A pekan ke-27.

Juventus sedang bersukaria. pelatih Antonio Conte meraih trofi  Pachina d'Oro alias Pelatih Terbaik Serie A tahun 2013. Penghargaan itu diberikan karena Conte dinilai sukses membawa Juventus meraih scudetto 2012/13. Bravo Conte!

Nah, deret sukses di ajang sepak bola pekan lalu itu merujuk kepada nilai sebuah keputusan berbasis suara hati yang benar. Suatu keputusan suara hati yang benar, jika berhubungan dengan panalaran yang benar juga, dengan begitu sebuah tindakan dapat diijinkan untuk dilakukan. Inilah salah satu dogma dalam sepak bola global.

Ingin mengail untuk mendapatkan buah-buah keputusan berbasis suara hati yang benar? Silakan menyaksikan tayangan sepak bola yang digelar pada 5 sampai dengan 10 Maret 2014 lewat sejumlah stasiun televisi.

Rabu, 5 Maret 2014:

Laga Persahabatan:
Indonesia U-23 vs Malaysia U-23, pukul 20.00 WIB, RCTI

Match Against Poverty:
Ronaldo, Zidane & Friends vs Young Boys & Friends, pukul 01.30 WIB, Kompas TV

Laga Persahabatan:
Afrika Selatan vs Brasil, pukul 23.55 WIB, Kompas TV

Kamis, 6 Maret 2014:

Laga Persahabatan:
Spanyol vs Italia, pukul 04.00 WIB, RCTI
Inggris vs Denmark, pukul 03.00 WIB, Kompas TV

Sabtu, 8 Maret 2014:

La Liga:

Valladolid vs Barcelona, pukul 22.00 WIB, RCTI

Bundesliga:
Wolfsburg vs Bayern Muenchen, pukul 21.30 WIB, Kompas TV

Ligue 1:
Marseille vs Nice, pukul 02.30 WIB, B Channel
Bastia vs PSG, pukul 23.00 WIB, B Channel

Minggu, 9 Maret 2014:

La Liga:
Celta Vigo vs Atletico Madrid, pukul 02.00 WIB, RCTI

Bundesliga:
Freiburg vs Dortmund, pukul 21.30 WIB, Kompas TV
Nuerberg vs Bremen, pukul 00.30 WIB, Telkomvision
Mainz vs Hertha, pukul 23.30 WIB, Telkomvision

Senin, 10 Maret 2014:
La Liga:
Real Madrid vs Levante, pukul 01.00 WIB, RCTI

Ligue 1:
Bordeaux vs Lyon, pukul 03.00 WIB, B Channel

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014