Prinsipnya, secara dukungan konektivitas kita sudah siap untuk mendukung perayaan 17 Agustus nanti
Penajam Paser Utara (ANTARA) - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rachman Arief menyebutkan infrastruktur penghubung kawasan di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah siap menyambut penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

"Prinsipnya, secara dukungan konektivitas kita sudah siap untuk mendukung perayaan 17 Agustus nanti," katanya saat dijumpai di Menara Pandang, Jalan Sumbu Barat, IKN, Sabtu.

Infrastruktur penghubung yang dimaksud berupa jalan tol mulai dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menuju kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Ia mengatakan peserta HUT Ke-79 RI dari arah Balikpapan akan melintasi koridor 3A Tempadung Tol IKN sejauh 13,4 kilometer.

"Sisi kanan 3A sudah bisa full kita gunakan sebagai persiapan 17 Agustus nanti," katanya.

Lepas dari koridor 3A, kata Rachman, peserta akan melintasi koridor 3B sepanjang 7,3 kilometer yang kini telah sampai pada tahap penyelesaian operasional satu sisi jalur.

Situasi serupa juga terjadi di koridor 5A sejauh 6,7 kilometer yang saat ini telah merampungkan pembangunan fisik jalan di satu jalur.

"Kemudian, kita masuk jalan nasional menuju Jembatan Pulau Balang yang besok akan diresmikan Pak Presiden juga sudah siap untuk diresmikan," katanya.

Dari Pulau Balang, kata Rachman, peserta akan melewati Bandara VVIP IKN sisi kiri.

"Khusus untuk bandara, kami diminta menyiapkan apron yang selesai di tanggal 4 Agustus 2024. Berdasarkan laporan tim lapangan, kalau cuaca mendukung, runway diperkirakan akhir Agustus selesai," katanya.

Rachman menambahkan kawasan Sumbu Kebangsaan akan menjadi lokasi lapangan upacara Istana Kepresidenan.

"Secara ekosistem, Sumbu Kebangsaan kami nyatakan sudah siap di angka 85 persen. Kami akan lihat hari ini detailnya seperti apa," katanya.

Baca juga: Presiden siap resmikan Jembatan Pulau Balang dan tinjau tol IKN
Baca juga: Tempat wisata sekitar IKN disiapkan sambut HUT Ke-79 RI
Baca juga: Kominfo: HUT ke-79 RI di IKN tonggak sejarah perpindahan ibu kota

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024