Beijing (ANTARA) - Tiga taikonaut dari misi berawak Shenzhou-17 pada Jumat (26/7) dianugerahi medali atas jasa-jasa mereka bagi upaya China di bidang antariksa.

Tang Hongbo mendapatkan penghargaan medali prestasi kedirgantaraan tingkat dua. Tang Shengjie dan Jiang Xinlin menerima medali prestasi kedirgantaraan tingkat tiga dan gelar kehormatan "astronaut heroik".

Penghargaan-penghargaan tersebut diberikan oleh Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), Dewan Negara China, dan Komisi Militer Sentral China.

Bagi komandan misi Tang Hongbo, misi Shenzhou-17 merupakan misi antariksa berawak keduanya ke stasiun luar angkasa Tiangong. Dalam konferensi pers yang digelar baru-baru ini, Tang Hongbo mengatakan dirinya merasa terhormat dapat menyaksikan dan berpartisipasi dalam kemajuan luar biasa China di bidang penerbangan antariksa berawak.

Tang Shengjie, astronaut termuda yang memasuki stasiun luar angkasa China, merayakan ulang tahunnya yang ke-34 dalam penerbangan antariksa pertamanya itu.

Dalam misi ini, Jiang Xinlin ditugaskan sebagai kepala operator pelaksanaan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activities/EVA), atau spacewalk, untuk pekerjaan pemeliharaan. Tugas tersebut telah berhasil dirampungkan.

China meluncurkan wahana antariksa berawak Shenzhou-17 pada 26 Oktober 2023. Ketiga taikonaut dalam misi itu telah kembali ke Bumi pada 30 April tahun ini setelah menghabiskan waktu 187 hari di orbit, yang membukukan rekor durasi penerbangan melampaui kru-kru sebelumnya.

Selama misi tersebut, ketiga taikonaut melakukan EVA dua kali serta melaksanakan sekitar 100 eksperimen dan pengujian aplikasi luar angkasa di orbit. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024