Telkom juga melibatkan pihak keamanan untuk menjaga situasi di lapangan agar tetap kondusif dan terkendali.
Pontianak (ANTARA) - Telkom Indonesia terus melakukan langkah proaktif untuk mengurangi gangguan layanan internet hulu Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) seperti di area Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, dan juga Melawi.

"Gangguan tersebut terjadi akibat putusnya kabel utama antarkota yang disebabkan oleh pekerjaan perbaikan jembatan di 5 titik ruas Sintang-Sekadau, yaitu di Km 14, Km 15, Km 35, Km 36, dan Km 66," ujar Deputy EGM CNOP Service Operation PT Telkom Fusheng Manre, di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa seperti diketahui beberapa waktu lalu kabel utama Telkom yang menghubungkan Sekadau-Sintang putus terkena alat berat pekerjaan perbaikan jembatan.

"Hal itu berdampak serius terhadap layanan internet di wilayah Melawi, Sintang, dan Putussibau Kapuas Hulu. Telkom Indonesia mengambil langkah proaktif untuk mengurangi dampak buruk ini terhadap pelanggan dengan beberapa strategi mitigasi yang telah diterapkan," ujar dia pula.

Menurutnya, salah satu langkah utama yang dilakukan Telkom adalah persiapan kabel udara sebagai back up, yang akan digunakan sebagai alternatif utama jika kabel tanam utama terganggu.

"Selain itu, Telkom juga memperkuat jalur transmisi radio ke Putussibau sebagai bagian dari upaya meningkatkan redundansi," ujar dia.

Ia menambahkan koordinasi intensif dilakukan dengan pihak pelaksana pekerjaan pelebaran jalan untuk memastikan bahwa pekerjaan pembangunan jembatan tidak akan mengganggu infrastruktur Telkom di bawah tanah.

"Telkom juga melibatkan pihak keamanan untuk menjaga situasi di lapangan agar tetap kondusif dan terkendali," kata dia lagi.

Dia bersama Ahmad Ari Makasuci, OSM Regional Network Operation Telkom Kalimantan, telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk memastikan semua proses mitigasi berjalan efektif.

Mereka juga telah menyiapkan langkah-langkah pemulihan yang cepat dan efisien jika terjadi kejadian putus kembali.

"Jalur ini adalah jalur utama bagi koneksi internet menuju Sintang, Melawi, dan Putussibau. Kami sangat memahami betapa pentingnya ketersediaan koneksi ini bagi masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus menyediakan layanan terbaik 24 jam kepada pelanggan setia Telkom Group," kata dia pula.
Baca juga: Pengguna Indihome di Kalbar capai 100 ribu pelanggan
Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu surati Telkom terkait akses internet jelang Pemilu

Pewarta: Dedi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024