Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Indonesia resmi lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 karena Timnas Jepang didiskualifikasi oleh FIFA.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“KABAR GEMBIRA !!! FIFA RESMI DISKUALIFIKASI TIMNAS JEPANG, TIMNAS INDONESIA LOLOS PIALA DUNIA 2026”

Namun, benarkah Indonesia resmi lolos Piala Dunia 2024 karena FIFA diskualifikasi Jepang?

 

Unggahan yang menarasikan Indonesia resmi lolos Piala Dunia 2026 karena FIFA diskualifikasi Jepang. Faktanya, Indonesia masih harus mengikuti babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dimulai pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, Timnas Indonesia masih harus menghadapi lawan-lawan kuat pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Delapan belas tim yang lolos ke babak ketiga akan dibagi menjadi tiga grup, yang masing-masing berisikan enam tim. Tim Garuda masuk dalam Grup C, yang terdiri dari Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China.

Menurut jadwal FIFA, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dimulai pada 5 September 2024 dan berakhir pada 10 Juni 2025.

Indonesia akan memulai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bertandang ke Arab Saudi pada 5 September, dengan laga kandang pertama menghadapi Australia lima hari kemudian, dilansir dari ANTARA.

Sehingga, klaim Indonesia lolos Piala Dunia 2026 merupakan keliru. Selain itu, tidak ada informasi mengenai FIFA yang mendiskualifikasi Timnas Jepang di laga kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Klaim: Indonesia resmi lolos Piala Dunia 2024 karena FIFA diskualifikasi Jepang

Rating: Hoaks

Cek fakta: Cek fakta, Lionel Messi jadi gambar di uang kertas Argentina

Cek fakta: Cek fakta, suporter Belanda kibarkan bendera Indonesia pada Euro 2024

Baca juga: Pelatih Timor Leste yakin Indonesia kembali menjuarai Piala AFF U-19

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024