Jakarta (ANTARA) - Gerakan relawan Gibran Rakabuming Raka, Gibran Center akan mendukung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep jika maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.

"Ya haruslah itu (didukung), Kaesang kan juga anak muda yang saat ini berpotensi," kata Ketua Umum Gibran Center Marsudiyanto saat di sela-sela acara Rakernas I 2024 Gibran Center di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kaesang belum tentukan maju Pilkada Jateng atau Jakarta

Dia mengungkapkan bahwa tak ada yang bisa membatasi potensi anak muda di Indonesia, sehingga pihaknya akan memberi peluang bagi seluruh anak muda yang ingin membangun Indonesia.

Pemberian ruang kepada anak muda untuk membangun Indonesia, kata dia, bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan mendampingi, mengawasi, hingga mendorong pemuda tersebut.

"Di sini maka kita bisa lihat, oh ya anak muda itu ternyata juga punya kemampuan," tuturnya.

Terkait dukungan pilkada di seluruh provinsi, Marsudiyanto menjelaskan pihaknya akan terlebih dahulu membahas kritik dan saran setiap pengurus dan anggota, baik dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dalam Rakernas I kali ini.

"Baik pilkada DKI, Jawa Tengah, Kalimantan, apapun itu akan kami tampung semua di dalam rakernas yang berlangsung pada 27-28 Juli dan kami lihat perannya di dalam situasi pilkada itu," tuturnya.

Baca juga: Kaesang akui elektabilitasnya sangat rendah di Jakarta

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengaku belum menentukan untuk maju pada pilkada Jawa Tengah atau Jakarta pada pilkada serentak mendatang.

"Survei saya di DKI kan kecil. Terakhir Litbang Kompas di angka satu. Alhamdulillah, di Jateng dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, tidak ada 'billboard', Alhamdulillah nomor satu di Jateng," kata Kaesang saat peresmian Kantor DPD PSI Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/7).

Namun, mengenai keputusan untuk maju di pilkada mana, Kaesang meminta untuk menunggu kabar selanjutnya pada Agustus atau saat tahapan pendaftaran pilkada serentak 2024.

"Tunggu nanti, ya, di bulan Agustus saat pendaftaran. Kalau pun saya mendaftar di Jateng, pasti ketemu lagi nanti. Peluang menang, Alhamdulillah sangat besar di Jawa Tengah," katanya.

Baca juga: PSI: Belum ada kesepakatan final soal pengusungan Kaesang-Jusuf Hamka
Baca juga: Pemilih PSI di Jakarta pilih Ahok dan Anies, Kaesang: Tak masalah
Baca juga: Indikator: Kaesang belum banyak dilirik sebagai bakal cagub Jakarta

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024