Jakarta (ANTARA) - Google menghadirkan model kecerdasan buatan (AI) 1.5 Flash untuk semua pengguna Gemini yang membuat chatbot tersebut memberikan respons lebih cepat serta efisien.

Dilansir Engadget pada Sabtu, Google mengatakan bahwa model 1.5 Flash memberikan peningkatan pada kemampuan penalaran dan pemahaman gambar Gemini baik di web maupun mobile.

Selain itu, Gemini kini bisa memroses percakapan yang lebih panjang dan pertanyaan lebih kompleks. Ke depannya, Google bakal menyematkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah file ke Gemini dari Google Drive maupun perangkat.

Baca juga: Integrasi Google Messages dan Gemini tersedia di semua ponsel Android

Apabila pengguna mengizinkan akses ke Notes, Gemini dapat membuat panduan belajar atau simulasi ujian. Selain itu, Gemini juga dapat menganalisis data dan mempermudah pemahaman dengan grafik dan diagram.

Guna memastikan keaslian informasi, Gemini menampilkan tautan ke sumber informasi terkait jika pengguna menanyakan pertanyaan yang membutuhkan jawaban faktual.

Gemini akan menyematkan tautan situs web di akhir paragraf responsnya yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik tersebut.

Baca juga: Aplikasi Google Gemini untuk Android tersedia di Inggris dan Uni Eropa

Diketahui, Google berupaya memperluas jangkauan Gemini bagi para penggunanya. Google telah meluncurkan Gemini secara bertahap di Google Messages untuk perangkat Android di Uni Eropa, Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia, Inggris, dan Swiss.

Kini pengguna dapat mengobrol dengan Gemini dalam bahasa Prancis, Polandia, dan Spanyol di dalam aplikasi Messages.

Baca juga: Google perkenalkan NotebookLM berbasis AI dengan peningkatan fitur

Baca juga: Google luncurkan Gemini di Android Studio untuk bantuan "coding"

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024