Mandalika (ANTARA) - Pembalap Indonesia Andi Gilang start di posisi ketiga di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 nomor Asia Superbike 1000 (ASB 1000) di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), setelah mencatatkan waktu 1 menit 35.933 detik pada sesi kualifikasi, Sabtu.

Andi yang merupakan pembalap tim Honda Asia-Dream Racing cukup bersaing dengan para rival di kelas ASB 1000 pada sesi kualifikasi.

Pembalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan berada pada barisan depan bersama pembalap asal Jepang Soichiro Minamimoto yang meraih pole position usai mencatatkan waktu tercepat 1 menit 35.426 detik. Kemudian di posisi kedua ditempati pembalap asal Jepang Yuki Kunni setelah mencatatkan waktu 1 menit 35.789 detik.

Sementara itu pembalap lain yang berada di urutan lima besar yakni Hafizh Syahrin Abdullah dan Kasman Daniel Kasmayudin asal Malaysia.

Kemudian di urutan 10 besar hasil kualifikasi di Sirkuit Mandalika, yaitu Nakarin asal Thailand, Lachlan Epis Asal Australia, MD Zaqwan Bin Zaidi Malaysia, Sho Nishimura asal Jepang, Azlan asal Malaysia, Osama Mareai, Eric Saputra asal Indonesia dan Teo Yew Joe Malaysia.

Untuk race pertama ARRC Sirkuit Mandalika kelas ASB 1000 CC digelar Sabtu pukul 16.00 Wita, dan race kedua digelar Minggu (28/7).

Seri keempat ARRC di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB tersebut diikuti 94 pembalap dari 14 negara, digelar pada 26-28 Juli.

Baca juga: 19 pembalap Indonesia akan ramaikan ARRC di Sirkuit Mandalika

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria di Mandalika mengatakan para pembalap ARRC mengawali balapan dengan sesi latihan, baru di hari kedua kualifikasi dan race serta hari ketiga adalah race.

"Dalam round 4 kali ini, sebanyak 94 pembalap dari 14 negara akan bersaing menjadi yang tercepat di Sirkuit Mandalika," katanya.

Adapun 14 negara para pembalap itu di antaranya, Australia, China, Jerman, Hong Kong, Indonesia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Yaman. Dari Indonesia, hadir 36 pembalap muda yang tergabung dalam 14 tim balap.

"Keikutsertaan para pembalap muda Indonesia ini menunjukkan komitmen dan semangat tinggi dalam dunia balap motor," katanya.

Sementara itu kelas yang dilombakan ARRC 2024 ini di antaranya, kelas Asia Superbike 1000cc, kelas Supersports 600cc, kelas Asia Production 250cc, kelas Underbone 150cc.

"Pertamina Mandalika International Circuit siap mendukung pembalap Indonesia untuk berprestasi di tingkat dunia dan memberikan kesempatan bagi pembalap berlatih dan berlomba di lintasan," katanya.

Baca juga: Pembalap ARRC mulai adu kecepatan di lintasan Sirkuit Mandalika
Baca juga: Pembalap ARRC gelar parade dan sunset meet up di Mandalika


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024