Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk menanam 48.000 mangrove di Pantai Menuang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rangka menyambut HUT Ke-48 PT Timah pada 2 Agustus 2024.

"Penanaman mangrove ini sebagai komitmen PT Timah untuk menjaga dan melestarikan ekosistem pesisir di wilayah operasional perusahaan," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Sabtu.

Baca juga: Pertamina tanam 2.000 mangrove dukung dekarbonisasi

Ia mengatakan penanaman 48.000 mangrove di Pantai Menuang, Desa Baskara Bakti, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah ini tidak hanya dalam rangka menyambut HUT Ke-48 PT Timah Tbk, tetapi juga kegiatan memperingati Hari Mangrove Sedunia 2024, sebagai upaya perusahaan untuk mendukung program pemerintah menuju Net Zero Emission.

"Kegiatan ini merupakan kedua kalinya PT Timah melaksanakan penanaman mangrove di Desa Baskara Bakti yang berkolaborasi dengan Karang Taruna Becampak dengan melibatkan pemerintah kabupaten, pelajar, dan karang taruna di Bangka Tengah," katanya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah Imam Suhadi mengapresiasi komitmen PT Timah dalam pelestarian ekosistem lingkungan pesisir di Bangka Tengah.

Baca juga: Yayasan WINGS Peduli tanam ratusan pohon mangrove

"Kegiatan ini tentunya dapat membangkitkan kesadaran untuk peduli dengan restorasi lingkungan terutama keadaan pesisir yang bisa menjadi destinasi wisata dan edukasi, sehingga bisa memberikan nilai tambah dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat," katanya.

Ketua Karang Taruna Becampak Nurholis mengatakan penanaman mangrove ini merupakan upaya untuk menjaga ekosistem wilayah pesisir yang nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan wisata.

Baca juga: Jaga ekosistem pantai, PLN EPI tanam 1.000 bibit mangrove di Marunda

"Kita bisa lihat mangrove yang ditanam tahun lalu sudah tumbuh subur dan ke depannya kami akan kembangkan lagi kawasan ini jadi kawasan wisata mangrove dan wisata pantai," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024