Beijing (ANTARA) - Lebih dari 32,4 miliar perjalanan antardaerah dilakukan di China pada paruh pertama (H1) tahun ini atau naik 7,4 persen dari setahun sebelumnya, demikian publikasi data dari Kementerian Transportasi China pada Jumat (26/7).

Sektor transportasi negara itu secara umum stabil dan terus pulih pada periode Januari-Juni 2024, kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya.

Pihak kementerian menyatakan bahwa throughput kargo di pelabuhan-pelabuhan negara itu naik 4,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 8,56 miliar ton pada periode tersebut.

Secara khusus, throughput kargo perdagangan luar negeri di pelabuhan naik 8,8 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam periode tersebut, pelabuhan-pelabuhan di negara itu menangani 160 juta TEU (twenty-foot equivalent unit) peti kemas, naik 8,5 persen (yoy).

Investasi aset tetap negara itu di sektor transportasi mencapai 1,7 triliun yuan atau sekitar 238,53 miliar dolar AS pada periode Januari-Juni 2024.

Indikator-indikator sektor transportasi tersebut muncul setelah data resmi menunjukkan bahwa ekonomi China naik 5 persen (yoy) pada H1 2024, mempertahankan ekspansi yang stabil terlepas dari meningkatnya berbagai tantangan dari dalam dan luar negeri.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024