Jakarta (ANTARA) - Shalat istikharah merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan kepada umat muslim. Tujuan dari shalat sunah istikharah adalah memohon pertolongan kepada Allah SWT dalam membuat keputusan yang lebih baik antara dua pilihan yang sulit dianggap sebagai hal baik atau buruk.
 
Ketika seseorang memiliki suatu pilihan untuk dicapai tetapi ragu-ragu menjalani pilihan tersebut, lebih baik melaksanakan ibadah shalat istikharah dahulu sebelum memutuskan pilihan yang akan dijalankan.

Waktu terbaik untuk melaksanakan shalat istikharah adalah pada malam hari, seperti melaksanakan shalat tahajud. Setelah shalat selesai, lanjutkan dengan doa shalat istikharah dan doa yang ingin dipanjatkan kepada Allah SWT.
 
Nabi Muhammad SAW telah menganjurkan untuk melakukan sholat istikharah dengan dua rakaat. Tentu saja ada beberapa cara yang harus diikuti untuk melakukan sholat istikharah. Berikut ini adalah cara-cara yang diajarkan Nabi Muhammad dalam melakukan shalat istikharah.

Cara shalat istikharah

  1. Wudhu, pastikan diri dalam keadaan suci dengan berwudhu.
  2. Baca niat shalat istikharah
  3. Takbiratul ihram dan baca doa iftitah
  4. Rakaat pertama, baca surah al-Fatihah dan surat pendek, dianjurkan baca surah al-Kafirun
  5. Ruku'
  6. I'tidal​​​​​​​
  7. Sujud
  8. Duduk antara dua sujud
  9. Sujud, kemudian berdiri kembali
  10. Rakaat kedua, baca surah al-Fatihah dan surat pendek, dianjurkan baca surat al-Ikhlas
  11. Ruku'​​​​​​​
  12. I'tidal​​​​​​​​​​​​​​
  13. Sujud
  14. Duduk di antara dua sujud
  15. Sujud, kemudian tahiyatul akhir
  16. Salam
  17. Baca doa istikharah, setelah itu sunnah dengan membaca sholawat nabi.

  18.  
Bagaimana tanda mendapatkan petunjuk dari Allah SWT setelah sholat istikharah?
 
Seseorang yang telah melakukan shalat istikharah akan mendapatkan kemantapan hati, ia akan lebih cenderung memilih pilihannya dan menganggap pilihan tersebut adalah yang terbaik.
   
Tidak selalu mendapatkan tanda dari mimpi, namun jika ia menjalani pilihannya dengan hati yang tenang dan merasa dipermudah urusannya, artinya hal tersebut merupakan petunjuk dari Allah setelah sholat istikharah.
 
Shalat Istikharah tidak hanya dilakukan sekali saja. Jika masih merasa ragu, shalat ini bisa diulang beberapa kali sampai hati merasa yakin.
 
Hal yang terpenting adalah keikhlasan dan keyakinan bahwa Allah akan memberikan takdir yang terbaik. Dengan melaksanakan shalat Istikharah, seorang muslim sudah melakukan ikhtiar dan tawakkal kepada Allah dalam setiap keputusan yang diambil.

Baca juga: Bacaan doa sholat istikharah lengkap dengan artinya

Baca juga: Sholat istikharah: Pengertian dan keutamannya

Baca juga: Doa Qunut saat shalat Subuh wajib atau sunnah?
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024