Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Jumat (26/7). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.

1. PBNU bakal bentuk pansus untuk kembalikan PKB ke NU

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Gus Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengatakan saat ini pihaknya sedang mendiskusikan untuk membentuk semacam panitia khusus (pansus) untuk mengembalikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke NU.
 
"Pansus itu bakal disebut sebagai Tim Lima yang bekerja untuk meluruskan sejarah PKB," kata Gus Ipul.
 
Baca selengkapnya di sini.

2. PAN siap usung Anies pada Pilkada Jakarta asalkan wakilnya Zita Anjani
 
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan partainya siap mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta Tahun 2024 dengan syarat wakil gubernurnya harus dari PAN.
 
Menurut Yandri, wakil gubernur yang disiapkan PAN untuk mendampingi Anies adalah Ketua DPP PAN Zita Anjani.
 
Baca selengkapnya di sini.

3. Dukung Kontingen RI, Menhan dijadwalkan hadir pembukaan Olimpiade

Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri pembukaan Olimpiade 2024 di Kota Paris, Prancis, Jumat, untuk memberikan dukungannya secara langsung kepada Kontingen Indonesia yang terdiri atas 29 atlet dari 12 cabang olahraga.
 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menyebut Prabowo bakal menyaksikan parade defile Kontingen RI yang berlangsung di Sungai Seine, Kota Paris, sekitar pukul 19.30 waktu setempat.
 
Baca selengkapnya di sini.

4. Mendagri: Ada 30 ASN mengundurkan diri untuk maju ikuti Pilkada

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyatakan sampai saat ini ada 30 aparatur sipil negara (ASN) yang mengajukan pengunduran diri karena akan maju untuk daftar ikut menjadi peserta dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.
 
"Sudah 30-an yang mengajukan pengunduran diri, dan kami sedang proses, ada yang sudah kita ganti, seperti Papua Selatan," kata Tito Karnavian setelah memberikan pembekalan kepada calon wisudawan IPDN tahun akademik 2023/2024 di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (26/7).
 
Baca selengkapnya di sini.

5. TNI dan Prancis pererat hubungan bilateral dengan uji coba Rafale

Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Prancis dengan cara mencoba kecanggihan pesawat tempur Rafale pada Kamis (25/7).
 
"Penerbangan ini menandakan langkah penting dalam memperdalam hubungan bilateral Indonesia dan Prancis, khususnya di bidang pertahanan," kata Tedi dalam siaran pers resmi TNI AU yang dikutip di Jakarta, Jumat (26/7).
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024