Washington (ANTARA) - Duta Besar China untuk Amerika Serikat Xie Feng menegaskan krisis Ukraina bukan dan seyogianya tidak menjadi masalah dalam hubungan China-AS, dan konflik apapun antara Beijing dan Washington akan menyebabkan "konsekuensi yang tak terbayangkan" bagi seluruh dunia. "Krisis Ukraina bukan dan tidak seharusnya menjadi masalah antara China dan Amerika Serikat, dan gencatan senjata dini menjadi kepentingan semua negara," katanya pada acara peringatan ulang tahun ke-97 pendirian Tentara Pembebasan Rakyat China yang berlangsung di Kedutaan Besar Tiongkok, Washington DC, Kamis.

Dubes Xie menambahkan bahwa Beijing dan Washington harus "menghargai perdamaian dan meletakkan hukum tanpa konflik dan tanpa konfrontasi," mengingat kemajuan dalam hubungan bilateral secara historis sulit bagi kedua negara.

"Hubungan China-AS terlalu besar untuk gagal. Setiap konflik atau konfrontasi akan menyebabkan konsekuensi yang tak terbayangkan bagi kedua negara dan seluruh dunia," katanya.

Tiongkok memilih keterbukaan dan kerja sama, pembangunan global, dan kemakmuran yang Beijing pegang erat, katanya lagi.

Beijing berharap Washington akan bekerja dengannya dalam arah yang sama guna menstabilkan dan memperbaiki hubungan bilateral dengan prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang bersedia secara bertanggung jawab untuk rakyat, untuk dunia, dan untuk bangsa, kata Dubes Xie.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Beijing: Deklarasi KTT NATO jadi berita menakutkan atas Asia Pasifik
Baca juga: China sebut sanksi sepihak AS menimbulkan korban bagi seluruh dunia

​​​​​​​


Penerjemah: Primayanti
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024