Jakarta (ANTARA) - Apabila Anda sedang terkena biduran, mungkin Anda bertanya-tanya tentang berapa lama biduran akan hilang atau mereda?

Sebelum membahas terkait berapa lama durasi biduran, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu biduran. Biduran adalah reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentol berwarna kemerahan yang disertai dengan rasa gatal. Biduran biasanya muncul setelah tubuh terpapar oleh faktor pemicu alergi (alergen).

Terdapat dua jenis biduran yaitu akut dan kronis. kedua jenis biduran ini mempengaruhi durasi dari gejala yang muncul. Biduran bisa hanya bertahan 2-3 jam, tetapi bagi sebagian orang, gejalanya terus muncul dan menghilang lebih lama. Durasi gatal-gatal dapat bergantung pada jenis biduran yang diderita apakah akut atau kronis.

Durasi biduran dapat bervariasi tergantung pada jenis dan penyebabnya.
  • Biduran akut biasanya berlangsung kurang dari enam minggu dan sering disebabkan oleh alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau gigitan serangga. Dalam kasus ini, ruam bisa muncul secara tiba-tiba dan hilang dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah menghindari faktor pemicu nya atau dengan pengobatan yang tepat.
  • Biduran kronis berlangsung lebih dari enam minggu dan sering kali penyebabnya tidak diketahui. Kondisi ini bisa terjadi setiap hari atau datang dan pergi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Biduran kronis memerlukan perhatian medis lebih lanjut untuk mengidentifikasi apa pemicu nya sehingga dapat menentukan pengobatan yang paling efektif.
Mengobati biduran biasanya melibatkan penggunaan antihistamin dan kalamin untuk mengurangi rasa gatal dan pembengkakan.

Baca juga: Gatal pada area kelamin bisa jadi disebabkan radang hingga infeksi

Baca juga: Gen Z rentan alami kulit gatal


Penyebab biduran akut

Biduran akut sering kali terjadi sebagai respons terhadap alergen atau iritasi pada kulit. Ketika sistem kekebalan tubuh menganggap suatu zat sebagai suatu ancaman, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan histamin dan bahan kimia lainnya. Hal ini menyebabkan pembuluh darah kecil di bawah kulit seseorang mengeluarkan cairan, yang terakumulasi dan menyebabkan benjolan.

Beberapa hal umum yang dapat menyebabkan biduran antara lain:

1. Alergi makanan
2. Terkena bulu binatang
3. Alergi gigitan serangga
4. Mengonsumsi obat obatan tertentu

Baca juga: Gatal sebaiknya jangan digaruk, lalu apa solusinya?

Baca juga: Enam sebab kulit di rambut kemaluan gatal, akibat bercukur hingga kutu


Penyebab biduran kronis

Biduran kronis mungkin memiliki penyebab yang sama dengan biduran akut, tetapi dengan gejala yang berlangsung lebih dari 6 minggu. Namun, biduran kronis sering kali tidak disebabkan oleh alergen dan memiliki penyebab fisik. Para peneliti hingga saat ini sedang berupaya memahami mengapa biduran jenis kronis ini bisa terjadi, Namun terdapat sebuah teori terkemuka yang mengaitkannya dengan keadaan autoimun.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan biduran kronis adalah beberapa orang memiliki kondisi yang sensitif terhadap suhu dingin, garukan atau tarikan pada kulit, sinar UV dan air namun kondisi ini sangatlah jarang terjadi.

Durasi biduran dipengaruhi oleh jenisnya apakah akut atau kronis, apabila Anda terkena biduran hingga merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Rekomendasi obat biduran yang dijual di apotek

Baca juga: Penyebab biduran yang harus diwaspadai

Baca juga: Biduran dan ciri-cirinya, apakah menular?

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024