Jakarta (ANTARA) -
Shalat Istikharah merupakan salah satu shalat sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umat Islam untuk memohon petunjuk dari Allah SWT dalam mengambil keputusan penting.
 
Sebagai manusia yang hidup di dunia, seringkali dihadapi dengan berbagai ujian dan pilihan yang membingungkan dan sulit. Shalat Istikharah menjadi salah satu jalan keluar untuk meminta bimbingan Allah SWT agar kita diberikan kemudahan dan dijauhkan dari hal-hal yang buruk.
 
Shalat Istikharah dilakukan dengan shalat sunnah dua rakaat. Ketika shalat istikharah, diawali dengan membaca niat sebagai berikut.
 
Niat sholat istikharah
 
Ushalli sunnatal istikharati rak’ataini lillahi ta’ala.
Artinya, “Aku berniat shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala."
 
Setelah selesai melaksanakan shalat, dilanjutkan dengan membaca doa istikharah. Doa ini berisi permohonan agar Allah memberikan pilihan yang terbaik dalam keputusan yang akan diambil.

Doa shalat istikharah dan artinya
 
Allahumma inni astakhiiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as aluka min fadhlikal adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amra khairan lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fashrifhu ‘annii was rifnii ‘anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhinii bih
 
Artinya: “Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupkku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun kebaikan itu berada, dan ridhailah aku dengan kebaikan"
 
Setelah membaca doa istikharah, dianjurkan untuk menyebutkan doa hajat yang diinginkan. Jika doa tersebut merupakan takdir baik, akan diberikan petunjuk dan kemudahannya. Namun, jika memiliki takdir yang kurang baik, Allah akan berikan jalan lain walaupun terkadang jalan itu tidak disukai oleh kita.
 
Sebagai umat-Nya, cukup berserah diri dan menguatkan keimanan bahwa apapun yang diberikan oleh Allah SWT merupakan takdir baik karena sesungguhnya ia maha mengetahui lebih dari siapapun.
 
Dengan membaca doa istikharah, salah satu bentuk ikhtiar kita memohon agar Allah SWT menunjukkan jalan terbaik, memberikan kemudahan, dan memberkahi keputusan yang diambil.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024