Jakarta (ANTARA) - Umat Islam melaksanakan shalat Istikharah sebagai salah satu bentuk ibadah untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT ketika sedang dihadapi suatu pilihan dan ingin mengambil keputusan penting.

Shalat istikharah termasuk sholat sunnah dengan dua rakaat dan satu salam. Dengan melaksanakannya, shalat istikharah dapat memberikan syafaat untuk kebaikan dalam memilih keputusan yang tepat. Setelah shalat istikharah, hati terlindungi dari rasa khawatir, bimbang, serta mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Tujuan shalat istikharah untuk memohon petunjuk dan pertolongan kepada Allah SWT. Usai melakukan shalat, bacalah doa setelah shalat istikharah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar memberikan petunjuk pilihan yang terbaik dan menjauhkan kita dari marabahaya.

Shalat istikharah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat terdahulunya, telah dijelaskan dalam hadist sebagai berikut.

“Rasulullah SAW mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Qur’an. Beliau berkata: ‘Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…’”. (HR. al-Bukhari)

Dalam islam, keutamaan shalat istikharah sangatlah berharga dan penting. Dengan melaksanakan shalat istikharah, umat muslim berserah diri dan percaya akan petunjuk dan takdir yang diberikan Allah SWT. Tidak hanya itu, berikut keutamaan lainnya yang didapatkan dari shalat istikharah.

Baca juga: Doa setelah shalat dhuha beserta tulisan arab, latin dan terjemahannya

Baca juga: Niat dan tata cara shalat tasbih pada malam 10 Muharram


Keutamaan shalat istikharah

1. Terhindar dari pilihan yang salah
Seseorang memohon petunjuk dan diberikan kemudahan dalam memutuskan pilihan, sehingga tidak berakhir dengan kerugian dan penyesalan karena tidak melibatkan Allah SWT.

2. Memperkuat keyakinan dan kepercayaan
Seseorang dapat memperkuat keyakinannya bahwa hanya Allah yang memiliki kemampuan untuk memberinya takdir pilihan terbaik dalam hidupnya dengan melaksanakan sholat istikharah.

3. Terhindar dari rasa khawatir
Seseorang dapat menenangkan diri dari keraguan dan rasa khawatir dengan menerima apa pun yang diberikan Allah SWT setelah melaksanakan sholat istikharah.

4. Medekatkan diri kepada Allah SWT
Seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengakui bahwa hanya Allah SWT yang maha mengetahui apa yang terbaik atau terburuk bagi para umatnya.

5. Dijauhkan dari godaan syaiton
Godaan syaiton dapat menjerumuskan umat muslim dalam kemaksiatan. Melaksanakan shalat istikharah juga memohon perlindungan dari godaan syaiton ketika mengambil keputusan.

Dengan demikian, ketika umat muslim mesti mengambil keputusan yang sulit dalam hidupnya, sholat istikharah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan. Setiap muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat istikharah agar memperoleh petunjuk dan arahan dari Allah SWT ketika dihadapkan pada keputusan yang penting dan sulit.

Baca juga: Urutan dzikir dan doa setelah shalat witir

Baca juga: Doa setelah shalat hajat beserta tulisan latin dan artinya

Baca juga: Doa setelah shalat tahajud anjuran Rasulullah, arab latin dan artinya


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024