Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri pembukaan Olimpiade 2024 di Kota Paris, Prancis, Jumat, untuk memberikan dukungannya secara langsung kepada Kontingen Indonesia yang terdiri atas 29 atlet dari 12 cabang olahraga.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menyebut Prabowo bakal menyaksikan parade defile Kontingen RI yang berlangsung di Sungai Seine, Kota Paris, sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Dia melanjutkan Menhan Prabowo menyaksikan rangkaian upacara Olimpiade Paris itu bersama Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah pejabat yang mendampingi Prabowo dalam rangkaian lawatannya ke Paris, Prancis, minggu ini.

Menhan Prabowo, sebagaimana ucapannya kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, meyakini Olimpiade Paris 2024 menjadi ajang yang menyatukan.

"Kami yakin Olimpiade ini akan sukses besar, menampilkan bakat luar biasa para atlet dari seluruh dunia, dan menyatukan negara-negara dalam semangat persahabatan dan kompetisi yang sesungguhnya,” kata Menhan Prabowo ke Presiden Macron saat keduanya bertemu di Istana Elysee, Paris, minggu ini (24/7).

Baca juga: Defile tim Indonesia tampilkan semangat, ketangguhan, dan kebanggaan

Baca juga: PBSI pastikan para atlet sudah siap hadapi laga pertama di Paris

Baca juga: Konsep acara hingga pesan dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024


Dalam acara pembukaan Olimpiade Paris 2024, untuk pertama kalinya, lokasi upacara pembukaan dan parade atlet dari berbagai negara tidak digelar di dalam stadion, tetapi di sepanjang Sungai Seine yang mengalir di Kota Paris. Kontingen dari total 206 negara bakal berparade menggunakan perahu, dan mereka akan mengenakan seragam terbaik, yang didesain khusus untuk menampilkan keunikan budaya masing-masing negara.

Sebanyak 14 atlet dan ofisial dari Kontingen RI ikut serta dalam defile ini, termasuk Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie, atlet judo Maryam March Maharani sebagai pembawa bendera Merah Putih, pembalap sepeda Bernard Bernjamin van Aert, serta dua atlet renang Azzahra Permatahani dan Joe Aditya. Mereka semua mengenakan baju rancangan khusus dari Didit Hediprasetyo — panggilan populer Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo ---, seorang perancang busana yang lama berkarier di beberapa negara, dan putra semata wayang Prabowo.

Dalam beberapa foto yang dibagikan Didiet — nama populer Ragowo — di media sosial pribadi-nya, seragam Kontingen Indonesia untuk upacara pembukaan Olimpiade Paris mengambil inspirasi pakaian khas tradisional beskap berwarna biru dongker dan kebaya kutu baru Jawa berwarna merah terang yang dipadukan dengan bawahan celana berwarna putih. Di bagian lengan beskap, yang diperuntukkan untuk atlet pria, ada ornamen merah putih.

"Saya sangat bersyukur bisa merancang seragam resmi untuk parade pembukaan atlet-atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Harapan saya, desain ini dapat menjadi simbol kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita, serta memastikan para atlet tampil sebagai diri mereka yang terbaik di panggung dunia," kata Didit Hediprasetyo dalam siaran resminya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan desain seragam itu menggabungkan modernitas dengan kesederhanaan yang berupaya memberi perspektif baru terhadap desain yang memuliakan performa atletik sekaligus kekayaan budaya Indonesia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024