ini bisa menjadi motivasi sekaligus batu loncatan bagi mahasiswa Teknik khususnya Teknik Elektro UHO
Kendari (ANTARA) - Universitas Halu Oloe (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah dalam ajang Kontes Robot Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI) ke-IV tahun 2024.

Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik UHO Prof Idris A Putra, di Kendari, Jumat, mengatakan kontes robot yang dilaksanakan di UHO kali ini merupakan agenda tahunan FORTEI yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi, inovasi dan kreatifitas mahasiswa dalam bidang robotik.

“Kebetulan tahun ini UHO dipercaya sebagai tuan rumah dengan menyelenggarakan dua kategori kontes yakni kontes robot sumo untuk mahasiswa dan kategori kontes robot line follower untuk pelajar SMA sederajat,” kata Armid.

Ia menyebut, pada pelaksanaan kali ini diikuti 13 tim yang berasal dari beberapa kampus ternama di Indonesia antara lain Universitas Kristen Indonesia, Universitas Ichsan Gorontalo, Universitas Cenrawasih, Universitas Negeri Padang, Politeknik Bosowa, Universitas Halu Oleo serta dua SMA sederajat di Kota Kendari yakni SMA 4 Kendari dan MAN Insan Cendikia.

“Jadi setiap Universitas tidak hanya mengikutkan satu wakil tetapi memiliki beberapa tim yang berpartisipasi sehingga misalnya seperti Universitas Kristen Indonesia Toraja bisa menggondol juara 2 dan 3 dengan 2 tim yang berbeda,” katanya.

Baca juga: 142 tim ikuti Kontes Robot Indonesia 2024 di UMS
Baca juga: UMS ambil bagian pada pengembangan robot di Indonesia 


Ia menuturkan, tidak bisa dipungkiri dunia robotik sekarang sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan yang serba teknologi sehingga ajang ini juga sekaligus menyiapkan anak-anak muda untuk siap menghadapi situasi tersebut.

“Dengan kegiatan seperti ini bisa menjadi motivasi sekaligus batu loncatan bagi mahasiswa Teknik khususnya Teknik Elektro UHO agar terus mengembangkan diri agar bisa bersaing secara nasional,” tambahnya.

Sementara itu salah satu anggota tim robotik Politeknik Bosowa Abdillah Barkah mengaku sangat bersyukur sekaligus bangga dengan kerja keras dan semangat juang timnya sehingga mampu menorehkan hasil yang positif di ajang nasional tersebut.

Kontes yang digelar di Gedung Sport Center UHO tersebut dimenangkan oleh tim robotik dari Politeknik Bosowa sebagai juara pertama kemudian tim robotik Universitas Kristen Indonesia sebagai juara kedua dan ketiga.

Baca juga: Tim Robot Unesa sabet juara tiga KRI Nasional
Baca juga: Tiga Divisi Robotik Poliban lolos berlaga di tingkat nasional
Baca juga: Tim Robot Unesa sabet juara tiga KRI Nasional

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024