Pembangunan Gedung UMKM sudah selesai
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN mengungkapkan pembangunan Gedung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Nusantara, Kalimantan Timur telah rampung.

"Pembangunan Gedung UMKM sudah selesai," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, Jumat.

Danis menambahkan, Gedung Galeri UMKM tersebut terdiri dari dua lantai.

Gedung dengan desain bulat tersebut berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Gedung UMKM itu juga kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk mendukung perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyediakan tempat khusus sentra ekonomi kreatif untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat Upacara Peringatan Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tempat khusus atau fasilitas itu dipastikan dapat dimanfaatkan pada Juli atau awal Agustus 2024.

Pelaku UMKM yang dilibatkan saat Upacara Kemerdekaan RI itu telah mendapat pembinaan dan pendampingan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Sekitar 300 hingga 400 pelaku UMKM, jelas dia, bakal terlibat dalam Upacara Kemerdekaan RI pertama di ibu kota negara baru Indonesia itu.

Perayaan kenegaraan yang diperkirakan bakal dihadiri sekitar 6.000 lebih peserta dan tamu undangan, lanjut dia, diharapkan berlangsung lancar dan memberi kenangan yang indah.

Sesuai tujuan perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI pertama yang digelar di IKN, ibu kota negara masa depan Indonesia itu, dirasakan juga masyarakat luas.

Pelaku UMKM dilibatkan dalam upacara bendera pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara, menurut dia, sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian.

Baca juga: Kementerian PUPR: Hotel Nusantara siap dukung HUT RI di IKN
Baca juga: PUPR: Gedung Kemenko siap dimanfaatkan untuk petugas upacara di IKN
Baca juga: PUPR: Kantor dan Istana Presiden di IKN bisa digunakan sebelum HUT RI

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024