Kalau untuk Hotel Nusantara terakhir saya ke sana, Insya Allah siap 191 kamar
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN menyampaikan Hotel Nusantara siap mendukung perayaan HUT Kemerdekaan RI di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kalau untuk Hotel Nusantara terakhir saya ke sana, Insya Allah siap 191 kamar," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, Jumat.

Danis menambahkan, rencananya Hotel Nusantara di IKN akan dimanfaatkan untuk menerima para tamu upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Saya kemarin sudah melihat fisiknya dan bertemu dengan GM Hotel Nusantara," katanya.

Sebagai informasi, Hotel Nusantara dibangun dengan mencakup luas 20.164 meter persegi dengan tinggi bangunan mencapai 43,10 meter.

Bangunan hotel yang terdiri dari sembilan lantai akan memiliki kamar 191 unit dengan enam tipe kamar.

Masing-masing tipe kamar adalah Premier Twin sebanyak 61 unit, Premier King sebanyak 102 unit, Junior Suite sebanyak 14 unit, Executive Suite sebanyak 12 unit, Disable Room sebanyak 1 unit, dan President Suite sebanyak 1 unit.

Pembangunan hotel ini merupakan hasil investasi konsorsium yang diinisiasi oleh Agung Sedayu Group (ASG) yang terdiri dari sembilan perusahaan swasta dalam negeri senilai Rp20 triliun.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Hotel Nusantara dilakukan pada 21 September 2023.

Pembangunan ibukota Nusantara mengusung konsep smart and forest city, yaitu kota pintar yang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan berbasis teknologi.

Konsep ini ditujukan untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang akan dihadapi ibukota Nusantara di masa depan, serta untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Baca juga: Kadin sebut Hotel Nusantara di IKN siap digunakan untuk 17 Agustus
Baca juga: Konsultan: Perayaan HUT RI di IKN dongkrak hunian hotel di Balikpapan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024