Jakarta (ANTARA) - Kenyamanan dari sepasang sepatu dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah bahan sepatu. Bahan sepatu tidak hanya mempengaruhi rasa nyaman, namun juga harga dari sepatu dan waktu penggunaannya. 
 
Berikut adalah beberapa jenis bahan sepatu yang lazim dan sering ditemui di pasaran;

1. Kulit
Sepatu berbahan kulit merupakan pilihan premium bagi pengguna yang ingin tampil klasik. Kendati demikian sepatu berbahan kulit memerlukan perawatan ekstra agar bisa bertahan lama.
 
Bahan kulit untuk sepatu dibedakan menjadi dua, yaitu kulit asli dan sintetis. Untuk kulit asli biasanya terbuat dari bahan kulit hewan seperti kulit kambing, sapi, babi atau domba.
 
Jika dilihat secara sekilas, tidak terlalu terlihat perbedaan antara kulit asli dengan kulit sintetis. Namun, kulit asli memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan kulit sintetis berbeda dengan kulit sintetis yang lebih halus dan memiliki tekstur yang rata.
 
Dari segi daya tahan, jenis bahan kulit asli memiliki daya tahan yang sangat lama dan lebih kuat dibandingkan dengan bahan kulit sintetis.
 
2. Suede
Bahan suede merupakan salah satu jenis kulit yang kerap digunakan sebagai bahan sepatu karena memiliki tekstur permukaan yang lembut. Tekstur lembut ini didapat dari bagian belakang kulit yang dipisahkan dari permukaannya.

Sepatu yang terbuat dari suede memiliki kesan yang menarik dan dapat digunakan untuk acara santai atau tidak formal. Asal sumber bahan suede juga memiliki kesamaan dengan bahan sepatu kulit seperti babi, domba, kambing hingga sapi.
 
3. Nubuck
Bahannya memiliki bahan dasar yang sama dengan bahan kulit suede, tetapi perbedaannya adalah bahan nubuck memiliki tekstur yang lebih halus dari bahan suede. Permukaan Nubuck yang lembut membuat warna sepatu tampak memiliki tekstur.

4. Karet
Bahan ini merupakan jenis bahan sepatu sintetis yang berasal dari olahan dari getah pohon karet untuk sepatu.

Keunggulannya adalah memiliki daya tahan yang kuat, lentur dan tahan air.

5. Kanvas
Sepatu berbahan dasar ini sangat sering terlihat sebagai sepatu yang kerap dilukis atau sepatu sekolah pada umumnya.

Bisa dikatakan bahwa sepatu dengan bahan dasar kanvas memiliki keunggulan sangat nyaman dikenakan, ringan dan juga kasual sehingga cocok dipakai untuk bersantai.

Selain ringan, sepatu ini memiliki tekstur yang berserat dan mudah menyerap sehingga sangat mudah untuk berkreasi lukis atau dekorasi demi kreativitas menggunakan sepatu berbahan ini.
 
6. Denim
Bahan ini merupakan bahan yang sekilas menyerupai bahan kanvas, tetapi memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar. Biasanya kita mengenal denim untuk membuat celana jeans, tetapi denim juga dipakai dalam pembuatan sepatu khususnya sneakers.
 
Sepatu yang memiliki bahan denim umumnya berwarna biru, abu-abu dan hitam.
 
7. Mesh
Bahan ini yang merupakan sejenis kain sintetis dengan lubang-lubang kecil untuk aliran udara masuk sehingga membuat kaki nyaman.
 
Bahan mesh terbuat dari kombinasi bahan mesh sintetis, kulit, plastik dan karet. Bahan mesh biasanya digunakan beberapa jenis alas kaki seperti sepatu lari, jalan, atletik dan kasual.

Pewarta: Maria Oktaviana
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024