Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, telah melayani kepulangan 53.365 jamaah haji Indonesia dari Tanah Suci pada Angkutan Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Bandara Soekarno-Hatta Tangerang paling banyak melayani kepulangan jemaah haji yakni sebanyak 53.365 jemaah haji," kata Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan, pemulangan 53.365 jamaah haji ke Tanah Air ini dimulai pada tanggal 22 Juni 2024 hingga 22 Juli 2024 melalui terminal terbesar di Indonesia.

"Untuk keseluruhan pemulangan melalui 6 bandara AP II tercatat ada 94.795 jemaah," katanya.

Dia mengungkapkan, jika pada periode pemulangan jamaah haji ini Bandara Soekarno-Hatta menjadi paling banyak melayani kepulangan jemaah haji yakni sebanyak 53.365 jemaah bila dibandingkan dengan bandara lainnya yang ada di Indonesia.

Adapun bandara yang melayani kepulangan jemaah haji adalah Bandara Kertajati (Majalengka) sebanyak 13.037 jemaah, Bandara Kualanamu (Deli Serdang) sebanyak 8.672 jemaah, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sebanyak 8.439 jemaah, Bandara Minangkabau (Padang) sebanyak 6.590 jemaah dan Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) sebanyak 4.692 jemaah.

"Total jumlah penerbangan pada fase pemulangan jemaah haji di bandara AP II mencapai 231 penerbangan," ujarnya.

Cin Asmoro menuturkan kolaborasi yang baik dari seluruh stakeholder di bandara AP II telah memastikan kelancaran kepulangan jemaah haji di seluruh Nusantara.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, TNI dan Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, maskapai penerbangan, ground handling, serta seluruh masyarakat atas dukungan kepada bandara AP II selama penyelenggaraan Angkutan Haji 2024," ujar Asmoro.

Baca juga: Garuda Indonesia minta maaf atas keterlambatan penerbangan haji
Baca juga: AP II sukses layani 231 penerbangan kepulangan haji di enam bandara
Baca juga: AP I layani kepulangan 120.255 jamaah haji

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024