Angka tersebut meningkat 11,8 persen dibandingkan tahun 2023 pada periode yang sama, yaitu sebanyak 12.307.410 ton.
Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Divisi Regional IV Tanjungkarang, Lampung, mencatat telah mengangkut 13.757.590,592 ton barang pada semester I tahun 2024.

"Angka tersebut meningkat 11,8 persen dibandingkan tahun 2023 pada periode yang sama, yaitu sebanyak 12.307.410 ton," kata Pelaksana Tugas Executive Vice President KAI Divre IV Tanjungkarang Mohamad Ramdany, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan komoditi barang yang diangkut KAI Divre IV Tanjungkarang, antara lain batu bara, semen pallet, semen curah, bahan bakar minyak (BBM), dan bahan baku kertas.

“Batu bara masih mendominasi angkutan barang dengan kereta api di wilayah KAI Divre IV Tanjungkarang. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan pasokan batu bara untuk Pulau Jawa dan Bali masih sangat tinggi, mengingat pembangkit listrik di sana kebanyakan masih menggunakan bahan bakar utama batu bara,” kata dia lagi.

Dia pun mengungkapkan bahwa peningkatan juga terjadi pada angkutan penumpang di wilayah KAI Divre IV Tanjungkarang, yaitu tahun 2024 pada semester I sebanyak 532.177 orang diantarkan melalui KA.

"Jumlah tersebut naik 19,9 persen, atau dibandingkan periode yang sama di tahun 2023 sebanyak 443.821 penumpang. Hal tersebut menunjukkan adanya permintaan masyarakat yang tinggi akan layanan kereta api di wilayah KAI Divre IV Tanjungkarang,” kata dia pula.

Ramdany menegaskan peningkatan angkutan terjadi karena komitmen jajarannya untuk tetap fokus terhadap kelancaran perjalanan kereta api, baik angkutan barang maupun penumpang di wilayah KAI Divre IV Tanjungkarang.

“Keselamatan perjalanan kereta api merupakan kunci dan hal paling utama yang harus kami jaga. Kami juga terus menjaga agar sarana dan prasarana kereta api tetap andal dengan rutin melakukan perawatan, pengecekan dan perbaikan secara berkala," kata dia lagi.
Baca juga: KAI berikan bantuan selimut dan sembako untuk korban banjir di OKU
Baca juga: KAI Tanjungkarang sediakan 11.700 kursi selama liburan Idul Adha 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024