Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebuah laboratorium alam dengan pesona lingkungan geologi yang menarik untuk dikembangkan
Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan Forum Ilmiah Tahunan Masyarakat Geologi Teknik Indonesia (FIT-MGTI) sebagai sarana untuk menghasilkan gagasan baru dalam pembangunan infrastruktur yang kokoh, berkelanjutan dan tahan bencana di wilayah itu.
 
"Saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan dan juga penyamaan persepsi masyarakat geologi teknik untuk keinginan pembangunan," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Fahrudin di Palu, Jumat.
 
Ia mengatakan analisis teknik geologi sangat penting untuk perencanaan pembangunan Sulteng yang berkelanjutan dan adaptif terhadap berbagai tantangan geologi.
 
Menurut dia, Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebuah laboratorium alam dengan pesona lingkungan geologi yang menarik untuk dikembangkan.
 
Hal ini, kata dia, selain memiliki potensi kekayaan geologi berupa bahan-bahan tambang yang berlimpah, Sulawesi Tengah juga menyimpan potensi bencana dari dalam perut bumi, atau memiliki sesar yang menyimpan potensi gempa bumi, salah satunya Sesar Palu Koro.

"Apalagi belum sirna dalam mengingat dahsyatnya bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang meluluhlantakkan wilayah Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) tahun 2018," ujarnya.

Ia mengatakan pengalaman ini menjadi pembelajaran berharga untuk mempersiapkan langkah-langkah mitigasi, dengan cara mengintegrasikan ilmu geologi teknik dalam penyusunan rencana pembangunan daerah yang tangguh bencana.
 
Oleh karena itu, dia berharap melalui forum ini dapat menghasilkan gagasan-gagasan yang rekomendatif bagi pemerintah untuk membangun infrastruktur yang kokoh, berkelanjutan dan tahan bencana.
 
Sementara itu, forum MGTI memiliki sejumlah agenda, yakni seminar, lokakarya, kunjungan lapangan dan lomba poster bertema geologi.

Baca juga: Menko: Huntap warga terdampak likuefaksi Sulteng harus selesai 2024
Baca juga: Presiden nyatakan infrastruktur Sulteng telah pulih pascatsunami
Baca juga: BPBD tingkatkan kesiapsiagaan melalui rencana kontijensi gempa Palu

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024