Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (25/7), mulai dari golden visa resmi diluncurkan hingga penyidik KPK menggeledah Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah terkait dengan dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Berikut sejumlah berita kemarin untuk kembali Anda simak

1. Kepala Dinas Pemkab Bogor ikut diamankan KPK dalam kasus pemerasan

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebutkan salah satu kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, turut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus pemerasan.

Asmawa di Cibinong, Kamis (25/7), mengungkapkan dari enam orang yang diamankan oleh KPK, satu orang di antaranya merupakan kepala dinas.

"Kasusnya pemerasan, satu orang sopir, dan empat orang PNS. Satu di antara PNS itu ada kepala dinas, hanya masih dicari tahu siapa," kata Asmawa.

Baca selengkapnya di sini.

2. Polda Jatim tetapkan 13 anggota PSHT tersangka pengeroyok polisi

Kepolisian Daerah Jawa Timur menetapkan 13 anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sebagai tersangka kasus pengeroyokan terhadap Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Parmanto di Jember.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto di Surabaya, Kamis (25/7), mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan 22 orang dalam kasus tersebut. Namun, hanya 13 orang yang bisa diproses secara hukum.

"KNH sebagai provokator, kemudian 10 oknum dari anggota PSHT sebagai pengeroyok dan melakukan penganiayaan itu kami tahan. Ada dua orang yang sudah kami tetapkan tersangka yang masih di bawah umur. Untuk dua orang ini, kami terapkan undang-undang anak," katanya.

Baca selengkapnya di sini.

3. KPK geledah Gedung DPRD Jateng

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan penggeledahan ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah terkait dengan dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Penyidik KPK tiba di Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Nomor 7, Semarang, Kamis (25/7) sekitar pukul 15.30 WIB dan langsung naik ke lantai 3 gedung tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

4. KPK siap buktikan perbuatan pidana terdakwa pungli Rutan KPK

Kepala Satuan Tugas Penuntutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Titto Jaelani mengatakan tim jaksa KPK sudah siap untuk membuktikan perbuatan pidana 15 terdakwa pungutan liar dan pemerasan di Rutan Cabang KPK dalam sidang di pengadilan.

"Jadwal penetapan hari sidang sedang diproses dari Panmud Tipikor," kata Titto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (25/7).

Baca selengkapnya di sini.

5. Menkumham: Golden visa makin pertegas posisi strategis Indonesia

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa golden visa yang resmi diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Kamis (25/7), semakin mempertegas posisi strategis Indonesia di mata internasional.

"Melalui kebijakan golden visa makin mempertegas posisi strategis Indonesia di mata internasional. Indonesia membuka kesempatan seluas-luasnya bagi tokoh dunia, investor internasional, talenta-talenta dunia, serta diaspora Indonesia untuk datang berkontribusi dan turut serta membangun Indonesia," kata Yasonna dalam sambutannya pada acara peluncuran golden visa tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024