Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora pada Kamis yang banyak mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari penutupan operasional penyelenggaraan ibadah haji hingga gempa di Kuningan, Jawa Barat.
 
Adapula warta tentang penemuan peradaban megalitik di Gunung Slamet hingga berita soal Menko PMK Muhadjir Effendy yang belajar program makan bergizi gratis ke Brasil.
 
Berita-berita itu dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.
 
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi menutup operasional penyelenggaraan Ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi di Media Center Haji Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis.
 
"Alhamdulillah, seluruh tahapan sudah selesai dan saya nyatakan operasional haji 1445 Hijriah/2024 Masehi berakhir. Dalam waktu dekat kami akan menggelar evaluasi sekaligus memulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1446 Hijriah/2025 Masehi," ujar Menag Yaqut saat membuka pernyataan penutup.
   
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan aktivitas sesar Ciremai, pada Kamis, mengakibatkan getaran gempa yang menimbulkan dampak kerusakan pada bangunan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan sekitarnya.
 
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono,di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan 4,1 magnitudo.
   
Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan adanya peradaban megalitik (sekitar tahun 2500-200 sebelum masehi) yang religius dari nenek moyang yang tinggal di sekitar Gunung Slamet, Jawa Tengah.
 
"Kehidupan masyarakat megalitik dilatari oleh kepercayaan terhadap kekuatan supranatural. Mereka menganggap bahwa ada kekuatan di luar dirinya yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia di dunia," kata Peneliti Pusat Riset Arkeologi Prasejarah dan Sejarah BRIN Priyatno Hadi dalam seminar tentang Rekam Jejak Manusia dan Budaya Austronesia di Nusantara yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.
   
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke restoran dan sekolah yang menyelenggarakan kegiatan program makan bergizi gratis di Kota Rio de Janeiro, Brasil.
 
Kunjungan dilakukan Menko PMK untuk mempelajari program pemenuhan gizi yang telah dilakukan Pemerintah Brasil. Muhadjir mengunjungi dua lokasi penyelenggara makan bergizi gratis yaitu Restaurante Do Povo Herbert de Souza dan Sekolah Negeri Tingkat Atas CESA (Colegio Estadual Souza Augiar).
   
Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mendorong pengawasan ketat terhadap makanan yang beredar di masyarakat, terutama untuk produk-produk yang gemar dikonsumsi oleh anak-anak.
 
"Harga yang sangat murah dan industri kemasan yang kekinian, ternyata meninggalkan persoalan untuk anak anak kita yang belum memahami komposisi gizi seimbang," kata Jasra Putra saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024