Hulu Sungai Selatan, Kalsel (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1003/HSS telah membuka jalan penghubung desa di perbatasan dua kabupaten, yaitu Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan.

"Pelaksanaan TMMD ke-121 dilaksanakan Kodim 1003/HSS sangat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena makin nyaman akses jalan warga kita di sana," kata Ketua DPRD Kabupaten HSS, 
Akhmad Fahmi di Kandangan, Kamis.

Dia menjelaskan, sasaran pokok semenisasi jalan sepanjang 942 meter x 3,8 meter akan menghubungkan Desa Gumbil Kecamatan Telaga Langsat (HSS) dengan Desa Pengambau Hulu, Kecamatan Haruyan (HST).

Fahmi mengungkapkan program TMMD ke-121 telah membuka dan mencor jalan setapak menjadi jalan yang dapat dilewati roda dua dan roda empat untuk satu arah.

Selain itu, ada pembuatan dua unit boks culvert, rehab langgar, perbaikan tiga unit rumah tidak layak huni (RTLH) dan tiga unit kamar mandi, cuci dan kakus (MCK).

Baca juga: Di Tabalong Kalsel, anggota satgas TNI Membangun Desa jadi guru mengaji
Baca juga: TMMD Kodim HSU bangun sumur bor dan PDAM di wilayah kekeringan


Kemudian, pembuatan pos kamling, lima hektare lahan ketahanan pangan (hampangan), tiga TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) dan 1.000 bibit penanaman pohon.

Selanjutnya, rangkaian penyuluhan pertanian, rekrutmen anggota TNI, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), KB Kesehatan, bahaya stunting dan kamtibmas hingga hukum. Selain itu berbagai bakti sosial, mulai dari pelayanan KB, donor darah, pasar murah, pengobatan gratis dan pembagian sembako.

“Terima kasih kepada Kodim 1003/HSS yang sudah memilih Desa Gumbil sebagai lokasi TMMD ke-121 pada 2024 ini,” ujarnya.

Fahmi berharap pelaksanaan TMMD ke-121 yang berlangsung pada 24 Juli-22 Agustus 2024 sukses dan lancar serta membawa kebaikan dan keberkahan bagi semua pihak, terutama untuk masyarakat Desa Gumbil.
 

Pewarta: Taufik Ridwan/Fathurrahman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024