PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024
Medan (ANTARA) - Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan Martin Suhendri Sitepu mengatakan, pihaknya mengintensifkan pengawasan makanan dan minuman menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024.

"Kami mengintensifkan dengan melakukan uji sampel serta penyuluhan di dua pasar di Kabupaten Deli Serdang," kata Martin di Medan, Kamis.

Dia menjelaskan, gerakan keamanan produk makanan dan minuman tersebut untuk mewaspadai kemungkinan adanya barang yang tidak berizin beredar menjelang PON ini.

Martin mengatakan lebih lanjut, kegiatan tersebut merupakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang untuk melakukan pengawasan makanan maupun minuman.

"Kami siap bersinergi kepada pemerintah setempat dalam melakukan pengawasan makanan dan minuman serta obat-obatan menjelang PON ini," katanya.

Menurutnya, pihaknya tetap siaga dalam penanganan dalam pengawasan terhadap makanan, minuman maupun obat-obatan yang kemungkinan akan digunakan oleh atlet yang bertanding maupun ofisial yang datang.

"Kami mendukung penuh untuk kelancaran PON dalam menjaga makanan dan minuman yang digunakan para atlet maupun ofisial," kata Martin.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar setiap membeli makanan tersebut menggunakan semboyan ceklik dengan cek kemasan, label, dan kadaluwarsa.

PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024.

Pelaksanaan di Sumut melibatkan kurang lebih 6.281 atlet dan 3.140 ofisial, lalu di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Pesta olahraga multicabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka di Aceh dan ditutup secara resmi di Sumut

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024